Inilah 10 Caleg Lolos ke Senayan di Dapil Neraka Jatim

172 dibaca

▪︎Ada Ahmad Dhani dan Mantan Bupati Ponorogo

▪︎SURABAYA – POSMONEWS.COM,-
Persaingan calon legislatif (caleg) untuk melenggang ke Senayan lewat dapil neraka Jatim berlangsung ketat. Diketahui, dapil neraka kerap disematkan pada Dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo karena pertarungannya yang sengit antara petahana hingga tokoh yang dikenal publik.

Ada sejumlah petahana hingga nama-nama baru yang ikut memperebutkan 10 kursi DPR RI lewat Dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo.

Dari hasil real count sementara yang telah dilakukan oleh KPU, detikJatim telah menghimpun 10 nama yang berpeluang lolos. Salah satunya adalah pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani atau Dhani Ahmad Prasetyo.

Musisi kondang ini kerap menyatakan wis wayahe seniman dadi pemimpin (sudah waktunya seniman jadi pemimpin) saat kampanye di sejumlah media massa. Dari hasil real count sementara KPU RI, perolehan suara politikus Gerindra ini masuk 3 besar terbanyak.

Suaranya bahkan mengungguli suara Puti Guntur Soekarno, politikus PDIP yang merupakan cucu Bung Karno hingga petahana lainnya.

Pantauan media pada Minggu (18/2/2024), data real count sementara KPU per tanggal 17 Februari pukul 19.30 WIB, progressnya telah mencapai 47,32%. Di mana suara yang telah masuk berasal dari 6.498 TPS dari 13.733 TPS.

Dari data tersebut, politisi Gerindra Bambang Haryo Soekartono menduduki posisi tertinggi. Disusul dengan Adies Kadir, petahana yang merupakan politisi senior Golkar.

Sedangkan Ahmad Dhani masih menduduki peringkat 3 suara terbanyak. Lalu, Puti menduduki posisi 4 terbanyak di bawah Dhani.

Bambang Haryo Soekartono yang akrab disapa dengan akronim BHS masih memimpin klasemen sementara di dapil neraka dalam penghitungan real count yang dilakukan oleh KPU RI. Hingga berita ini ditulis, dia telah mendapatkan 52.266 suara yang diikuti dengan politikus senior Golkar, Adies Kadir yang mendapatkan 36.005 suara.

Hasil yang ditampilkan KPU ini merupakan hitungan langsung alias real count, tapi bukan hasil akhir Pemilu 2024. Sebab, saat ini proses penghitungan masih berlangsung. KPU menyatakan, publikasi form model C/D adalah hasil penghitungan suara di TPS yang bertujuan memudahkan akses informasi publik.

KPU juga menyatakan penghitungan suara yang dilakukan KPPS, rekapitulasi hasil penghitungan suara, dan penetapan hasil pemilu dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh PPK, KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, hingga KPU RI berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berikut ini hasil sementara real count KPU RI untuk Pileg DPR RI 2024 dari daerah pemilihan Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo) di situs KPU yang dilihat dan dikutip posmonews.com.

Berikut adalah 10 besar real count sementara perolehan suara caleg DPR RI di Dapil Jatim 1.

1. Ir. Bambang Haryo Soekartono (Gerindra) 52.266

2. Adies Kadir (Golkar) 36.005

3. Dhani Ahmad Prasetyo (Gerindra) 29.693

4. Puti Guntur Soekarno, S.I.P (PDI Perjuangan) 26.979

5. Syaikhul Islam (PKB) 24.947

6. Dr. Arzeti Bilbina Setyawan, S.E., M.AP (PKB) 22.849

7. Sungkono (PAN) 21.511

8. Lita Machfud Arifin (NasDem) 18.750

9. Rahmat Muhajirin (Gerindra) 17.128

10. Drs. Ipong Muchlissoni (NasDem) 16.944.
▪︎[DANAR SP]