Dampingi Forkopimda, Dandim 0812 di Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024

144 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Dandim 0812/Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han.,bersama Forkopimda Kabupaten Lamongan Menghadiri Kegiatan Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang bertempat di Alun-alun Kabupaten Lamongan, Jumat (9/2/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Kabupaten Lamongan beserta komisioner, Ketua Bawaslu Kabupaten Lamongan beserta komisioner, Jajaran Bawaslu dari Desa Sampai Kabupaten serta Ketua Partai Peserta Pemilu dan Tamu Undangan Lainnya.

Dalam kegiatan tersebut pembina apel Ketua Bawaslu Kab Lamongan Toni Wijaya membacakan Ikrar Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 yang isinya :
Kami Pengawas Pemilu Kabupaten Lamongan Dengan Ini Berikrar :

1. Melaksanakan tugas pengawasan sesuai undang undang yang berlaku dan junjung Tinggi Netralitas, Integritas, Profesionalisme, Dan berpegang pada kode etik penyelenggara Pemilu dalam Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 Dengan Penuh Tanggung Jawab.

2. Menegakkan Kepastian Hukum Demi Terwujudnya Pemilu Demokratis Sesuai Asas Luber Jurdil.

3. Menjalankan Dengan Sungguh Sungguh Pengawasan, Pencegahan dan Penindakan, Pelanggaran Tahapan Kampanye.

4. Menciptakan Kondisi Pemilu Damai Di Kabupaten Lmongan Tanpa Hoaks, Isu SARA dan Ujaran Kebencian.

5. Mendorong keterlibatan masyarakat dalam Pengawasan pemilu partisipatif.

6. Menjaga Marwah badan pengawas pemilu

Kegiatan apel siaga pengawasan tahapan masa kampanye Pemilu ini dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kab Lamongan Toni Wijaya, mengatakan bahwa apel siaga ini merupakan wujud komitmen Bawaslu Kab Lamongan untuk mengawal pelaksanaan pemilu yang jujur, adil, dan berintegritas. Ia juga mengajak seluruh stakeholder terkait untuk bersinergi dalam mengawasi jalannya kampanye Pemilu 2024 nanti.

“Jaga integritas, jaga netralitas, dan kedepankan aturan yang berlaku sebagai rel sistem yang mengarahkan kita pada pengawasan Pemilu yang berkualitas,” katanya.

Toni Wijaya juga menyampaikan bahwa Pemilu yang berkualitas akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas pula. Oleh karena itu, ia berharap seluruh kontestan politik dapat mengikuti seluruh tahapan Pemilu sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam apel pengawasan pemilu ini Dandim 0812/Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han.,di sela kegiatan mengungkapkan bahwasanya seluruh Prajurit TNI sudah berkomitmen untuk netral dan tidak akan terlibat dalam politik praktis baik secara langsung ataupun tidak langsung.

“Untuk menjaga kepercayaan masyarakat tersebut,kami telah mendirikan Posko Pengaduan Netralitas TNI bilamana ditemukan Prajurit yang tidak netral,” ungkapnya.

“Selain itu, bahwa masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi dalam bentuk pengawasan TNI yang dimana jika dalam pengawasanya adak ketidak adilan yang ditemukan maka masyarakat bisa melaporkan hal tersebut ke Posko yang dibuat untuk menampung ketidak netralan Prajurit TNI,” sambungnya.

Dalam hal ini, Dandim 0812 Lamongan  berharap agar TNI dan masyarakat dapat untuk saling bekerja sama untuk menjaga Pemilu 2024 yang aman dan damai.▪︎[DANAR SP]