Senin Berkibar, Komitmen Dandim 0812 Cetak Generasi Berkarakter

86 dibaca

▪︎LAMONGANPOSMONEWS.COM,-
Komitmen dan kepedulian terhadap generasi muda penerus bangsa di negeri ini membuat Dandim 0812/ Lamongan terus bersemangat menjalankan program Senin Berkibar.

Hal itu seiring dengan tugas dan keberadaan Satuan kewilayahan (Satkowil) untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan pada aspek darat, salah satunya melalui pembinaan teritorial (Binter) dalam rangka mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh serta memperkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat untuk kepentingan pertahanan negara.

Dalam menyikapi hal tersebut, Dandim 0812/ Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., terus bergerak dalam menggencarkan program “Senin Berkibar” untuk dijadikan pondasi dan memberikan pesan pendidikan berkarakter yang penting dalam membentuk sikap dan tindakan bagi anak anak muda generasi penerus bangsa Di era Modernisasi yang serba cepat dan kompleks ini.

Menurutnya, pendidikan karakter yang baik seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, rasa empati, dan kerja sama menjadi pondasi yang diperlukan dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan. Semua itu ada dalam program beliau yang mencakup dalam program “Senin Berkibar”.

“Program Senin Berkibar melibatkan generasi muda dalam pembentukan karakter yang baik dan disiplin, serta wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dilandasi wawasan kebangsaan yang tinggi,” kata Dandim 0812/ Lamongan saat menjadi Irup di SMP Negeri 1 Tikung, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, Senin (22/1/2024).

Lebih lanjut,di depan 650 siswa siswi SMP Negeri 1 Tikung, Dirinya memberikan pesan moral dan semangat kepada siswa siswi untuk senantiasa bekerja keras dan rajin dalam hal hal kebaikan.

“Kita harus mempedomani jiwa kesatria dan pantang menyerah yang dimiliki oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman. Beliau dalam keadaan sakit namun tetap berjuang memimpin perang gerilya. Sama halnya dengan siswa siswi sekalian, harus semangat dan pantang menyerah dalam menggapai cita cita,” lanjutnya.

Beliau juga secara khusus memerintahkan Koramil jajarannya untuk terus melaksanakan program tersebut di wilayah binaannya masing masing. Dirinya menilai bahwa hal ini penting dilakukan untuk mencetak generasi muda yang tangguh dan berwawasan kebangsaan.

“Saya mewajibkan Koramil jajaran untuk melaksanakan program ini setiap hari senin. Selain agar tercipta harmonisasi dan sinergi, saya yakin melalui program ini akan menjadikan TNI semakin dicintai rakyat. Ini semua merupakan bentuk dukungan kami terhadap pemerintah untuk mewujudkan generasi emas Indonesia di 2045 mendatang,” tambahnya.

Selain Senin berkibar yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0812/Lamongan di SMP Negeri 1 Tikung, program senin berkibar juga dilaksanakan di beberapa tempat di Kabupaten Lamongan sebagai bentuk kepedulian dan juga peran aktif TNI AD Jajaran Kodim 0812/Lamongan dalam mencetak generasi muda yang berkarakter dan bela negara,” pungkasnya.▪︎[DANAR SP]