Urai Kemacetan Lalin, Polri Benahi Barier Depan Kawasan Industri Manyar

214 dibaca

GRESIK-POSMONEWS.COM,-
Salah satu problem kota-kota besar di negeri ini adalah kemacetan lalu lintas kendaraan baik roda dua dan empat yang sering menjadi polemik. Hal ini menjadi PR bagi otoritas berwenang dan pemangku kebijakan untuk mencari solusi masalah yang dirasa cukup urgen ini.

Jika kawasan tengah kota metropolis mengalami kendala kemacetan, demikian juga halnya di sentra kawasan industri yang selalu diwarnai problem kemacetan lalu lintas itu. Selain mobil pribadi, umum, masih ditambah dengan lalu lalangnya truk-truk besar (tronton) yang cukup menambah padatnya jalan raya.

Di Kota Gresik, Jawa Timur misalnya, dari pantauan posmonews.com khususnya di jalan raya Manyar, Kabupaten Gresik, juga memiliki permasalahan yang cukup komplek yang ditimbulkan mulai exit tol dirasakan mulai pagi hingga sore hari.

Pemkab Gresik telah berinisiatif memasang barier di sebelah barat exit tol Manyar hingga depan pintu gerbang Maspion. Langkah ini diambil sementara, dalam jangka panjang akan dibuat kajian pelebaran jalan, direncanakan sepanjang 3,1 kilometer.

Diatur sedemikian rupa, kendaraan besar yang hendak bongkar muat di kawasan industri tersebut diarahkan masuk melalui pintu timur dan keluar melalui pintu barat.

Namun demikian, ada saja pihak yang tidak bertanggung jawab menepikan barier yang ditata berjajar di depan pintu sebelah barat kawasan Industri Maspion.

Tak ayal, menyumbang kemacetan arus lalu lintas semakin panjang disebabkan antrian kendaraan yang akan masuk kawasan industri.

Anggota Polsek Manyar merespon cepat. Dipimpin langsung Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno kembali turun ke jalan membenahi beberapa barier seperti sedia kala, Kamis (9/12/2021) lalu.

Setidaknya sudah lebih dari tiga kali barier beton ditepikan pihak yang tidak bertanggung jawab, lalu dibenahi kembali oleh anggota Polsek Manyar.

Barier terbuat dari beton ini didorong beramai-ramai oleh Polisi berpakaian dinas ke tengah marka jalan.

Sementara itu Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu menyebut bentuk kepedulian dan pelayanan kepada masyarakat.

“Harapannya, dengan dibenahi kembali barier tersebut bisa mengurangi kemacetan yang dirasakan pengguna jalan hampir setiap hari.” kata Windu.

Mantan Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu mengimbau semua pihak agar menyadari dan tidak mementingkan kepentingan pribadi terkait upaya mengurangi kemacetan arus lalu lintas jalan raya Manyar.

“Pemasangan barier ini adalah solusi jangka pendek mengatasi kemacetan sebelum dilakukan pelebaran jalan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN)” pungkasnya.
**(DANAR SP)