Mayoritas Gen Z Memilih Pasangan Ganjar-Mahfud

219 dibaca

▪︎Elektabilitas Tembus 34,9 Persen

▪︎JAKARTA – POSMONEWS.COM,-
Elektabilitas pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres Cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo – Mahfud MD, meningkat tajam. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan lembaga survei Arus Survei Indonesia (ASI).

Berdasarkan lembaga survei asal tersebut dengan periode 16-21 Desember 2023, elektabilitas Ganjar-Mahfud mendapat perolehan 34,9 persen. Disusul Prabowo-Gibran (33,1 persen) dan Anies Baswedan (26,1 persen).

“Persis setelah debat kami membaca terhadap perkembangan sosial politik. Temuannya peta elektoral tiga paslon pertama ditempati Ganjar Mahfud 34,9 persen kemudian disusul prabowo Gibran 33,1 persen dan Amin 26,1 persen. Lalu uncided voters 5,9 persen,” kata Direktur Eksekutif ASI, Ali Rif’an kepada wartawan.

Berdasarkan temuannya, dia mengatakan bahwa penentu pilihan politik Gen Z terhadap capres-cawapres 2024 adalah karena gagasan dan program kerjanya (42,5%), kepedulian terhadap rakyat (27,5%) dan kecerdasan (17,7%).

“Program menyentuh pada persoalan pokok masyarakat hari ini yakni lapangan pekerjaan, ekonomi, pendidikan, kesehatan.
Termasuk persoalan korupsi salah satu persoalan dari gen Z kalau kita perhatikan sosok Ganjar-Mahfud adalah sosok serius soal persoalan hukumnya mengagresi persoalan korupsi, hukum dan disampaikan berkali-kali di debat ketegasan tidak berpihak,” ujar dia.

Adapun preferensi karakter capres-cawapres yang disukai gen Z adalah merakyat (45,1%), Tegas (23,5%) dan Pintar (17,8%). Namun pilihan tersebut dapat berubah dimana ditemukan 54,7 persen masih mungkin merubah, 33,3 persen tidak akan berubah dan 12 persen tidak menjawab.

Perubahan itu akan terjadi saat para pemilih gen-z melihat tayangan debat capres selanjutnya. Berdasarkan temuan ASI sebanyak 63,3 persen dapat mengubah pilihan politik, 28,7 persen tidak dan sisanya 8 persen belum menjawab.

“Tapi menurut gen Z pilihan mereka masih bisa berubah. Debat paslon merubah preferensi pemilih sehingga forum debat adalah forum strategis,” tuturnya.

Sebagai informasi survei ini dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Indonesi dengan populasi penduduk Indonesia berusia 17-23 tahun (gen Z).

Survei dilakukan dengan cara Tele survei yaitu responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner oleh enumerator.

Adapun sampel sebanyak 1200 responden dengan asumsi simple random sampling maka margin of error’ (MoE) adalah +/-2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.
▪︎[ALAMS/AHM]