Mitologi Jepang; Benzaiten, Dewi Dipuja Agar Kisah Cinta Mulus

316 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
Benzaiten adalah dewi cinta dan keberuntungan dalam mitologi Jepang. Dia adalah sosok yang sangat populer dan bermakna di seluruh Jepang.

Sebuah manifestasi dari dewi India Sarasvati, Benzaiten telah beradaptasi melintasi lanskap, lokasi, dan periode waktu, menjadi simbol utama cara budaya Jepang menggabungkan unsur-unsur dari berbagai tradisi agama. Dia adalah salah satu dari Tujuh Dewa Keberuntungan.

Benzaiten adalah dewi Buddha dan kami (sejenis dewa atau roh) Shinto. Paling umum, Benzaiten dikaitkan dengan keberuntungan dan kebijaksanaan, membagikan kata-kata bijak dan keberuntungan kepada mereka yang dia berkati.

Sosok yang ceria Benziten digambarkan dengan biwanya, sejenis alat musik gesek Jepang. Dia adalah inspirasi bagi seniman dari semua jenis. Berkahnya dicari oleh para petani agar panen melimpah, pedagang yang mengharapkan hasil yang baik, dan wanita yang mengharapkan kesuksesan dalam cinta.

Dikutip dari laman Nationalgeographic.co.id bahwa
selama periode Edo (1603-1868), Benzaiten sangat populer di kalangan wanita pencemburu yang berharap mendapatkan dukungan dari saingan mereka. Dia adalah dewi dari semua yang mengalir: kebijaksanaan, musik, air, cinta, pengetahuan, kekayaan, dan perjalanan waktu itu sendiri.
Benzaiten biasanya muncul sebagai seorang wanita berpakaian pelacur atau biarawati, membawa biwanya dan kadang-kadang berjubah di berbagai halo Buddha dan simbol suci lainnya, baik fisik maupun spiritual.

Di luar itu, penggambaran bervariasi tergantung pada periode waktu. Sama seperti Sarasvati, dia diasosiasikan dengan naga dan ular. Unik untuk Benzaiten, dia juga dikaitkan dengan kemunculan komet di langit.

Benzaiten, mungkin lebih dari tokoh lain dalam kehidupan religius Jepang, mewakili campuran pengaruh sinkretis yang menentukan agama Jepang. Meminjam dari tradisi dewa Shinto, kepercayaan dan simbol sektarian Buddha, kehidupan spiritual India dan Tiongkok, dan politik agama yang terus berkembang di Jepang sejak abad ke-6 dan seterusnya.

Benzaiten adalah perpaduan unik dari kepercayaan yang berbeda.
Karena campuran ini, Benzaiten disembah baik di kuil Shinto maupun kuil Buddha. Dia adalah salah satu dari Tujuh Dewa Keberuntungan, biasanya satu-satunya wanita dalam kelompok tersebut.

Beberapa kuil dan wihara yang didedikasikan khusus untuknya. Kuil Itsukushima di Laut Pedalaman Seto, Pulau Enoshima di Teluk Sagami. Lainnya di Pulau Chikubu di tengah Danau Biwa Jepang atau dikenal sebagai Tiga Kuil Besar Benzaiten.

Menurut biksu Kokei (977-1049), Benzaiten digambarkan sebagai putri ketiga Raja Naga Munetsuchi, danau yang terletak di pusat dunia dalam beberapa kosmologi Buddha.

Banyak kisah Benzaiten yang berhubungan kembali dengan asal-usulnya sebagai Sarasvati, namun ia memiliki sejarah uniknya sendiri. Dalam Sutra Cahaya Emas dan Sutra Teratai, keduanya berasal dari benua Asia hingga Jepang.

Selama era Tokugawa (1600-1868), Benzaiten diasosiasikan dengan kebijaksanaan, suatu kebajikan penting bagi kelas samurai yang berkuasa.

Dengan bangkitnya Shinto Negara selama Restorasi Meiji (1868-1912), Buddhisme dianggap jahat sebagai “agama asing”.
Namun kultus Benzaiten tidak menderita, mengingat betapa dalamnya dia tertanam dalam tradisi Shinto dan budaya Jepang yang lebih luas. Relatif, dia menderita kurang pengabaian dibandingkan pengaruh agama lain dari benua Asia.

Hari ini, Benzaiten tetap menjadi tokoh populer dalam kehidupan spiritual Jepang. Beberapa kuil bahkan telah menjual representasi dewi modern sebagai karakter anime, dengan penerimaan yang beragam.

Mitologi lainnya
Benzaiten adalah bentuk dewi Hindu Sarasvati yang lebih tua, dengan nama “Benzaiten” menjadi interpretasi Cina dari nama Sarasvati dalam Sutra Cahaya Emas.

Banyak karakteristik Benzaiten—hubungan dengan naga dan ular, sifat welas asih dan sensual, serta kecintaan pada musik—berasal langsung dari dewi India ini.

Di Jepang sendiri, Benzaiten disinkronkan dengan sejumlah dewa lainnya. Ugajin, dewa panen, terkadang disebut Uga Benzaiten dan diasosiasikan dengan ular, seperti halnya Benzaiten dan Sarasvati.

▪︎Budaya Populer

Mencerminkan sifat populernya, Benzaiten muncul dalam beberapa budaya pop. Dalam serial manga Noragami, Benzaiten adalah karakter minor yang memiliki kebajikan dan atribut yang sama dengan dewi mitologi.

Dalam video game Yo-Kai Watch, karakter bernama Benzaiten terlihat seperti bintang rock dan membawa gitar. Sebuah gambaran yang jelas untuk penggambaran dewi yang sering sebagai musisi.

Dalam manga Akatsuki!! Otokojuku, Benzaiten adalah satu-satunya petarung wanita dan peserta dari sekolah khusus pria.▪︎[ROSMA]