Pantangan Keluar Rumah Saat Malam Satu Suro

181 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
Kebanyakan masyarakat Jawa mempercayai ada beberapa pantangan agar tidak dilakukan menyambut malam 1 Suro. Bahkan, masyarakat Jawa masih memegang kepercayaan bahwa beberapa weton dilarang keluar rumah saat malam 1 suro. Benarkah demikian?

Malam 1 Suro sendiri merupakan tanggal tahun baru pada kalender Jawa. Berdasarkan kalender Islam atau Hijriah, 1 Suro bertepatan dengan 1 Muharram atau bulan pertama dalam kalender Hijriah.

Sementara dalam kalender Masehi, 1 Suro 2023 jatuh pada Rabu (19/7/2023), berarti malam 1 Suro jatuh pada Selasa (18/7/2023). Malam 1 Suro sendiri diperingati pada malam setelah magrib pada hari sebelum tanggal 1 Suro.

Dalam kalender Jawa, pergantian hari dimulai pada saat matahari terbenam dari hari sebelumnya, bukan pada tengah malam sebagaimana pergantian hari dalam kalender Masehi.

Berbagai daerah di Jawa seperti Solo, Jawa Tengah, malam 1 Suro diperingati dengan tradisi arak-arakan atau kirab hewan kerbau yang bernama kebo bule atau Kebo Kiai Slamet.

Selain Solo, Keraton Yogyakarta juga memiliki ritual malam 1 Suro. Bedanya, kirab malam 1 Suro di Keraton Yogyakarta membawa gunungan tumpeng, keris, dan benda pusaka lain.

Tradisi 1 Suro sendiri sebenarnya telah dikenal masyarakat Jawa sejak masa pemerintahan Sultan Agung (1613-1645 Masehi). Saat itu masyarakat Jawa masih mengikuti sistem penanggalan Tahun Saka yang diwarisi dari tradisi Hindu.

Sementara umat Islam pada masa Sultan Agung menggunakan sistem Kalender Hijriah. Kemudian sebagai upaya memperluas ajaran Islam di tanah Jawa, Sultan Agung memadukan antara tradisi Jawa dan Islam dengan menetapkan 1 Muharam sebagai tahun baru Jawa.

Bagi orang Jawa, bulan Suro sebagai awal tahun Jawa diyakini sebagai bulan sakral atau suci. Bagi masyarakat Jawa adalah bulan yang tepat untuk merenung, tafakur, dan introspeksi untuk mendekatkan dengan Yang Maha Kuasa. Cara yang biasa digunakan masyarakat Jawa untuk berintrospeksi adalah dengan lelaku, yaitu mengendalikan hawa nafsu.

Selain berbagai ritual yang dilakukan, rupanya ada pula larangan malam 1 Suro dipercaya tak boleh dilakukan saat malam 1 Suro.

1. Larangan Keluar Rumah

Bagi masyarakat Jawa ada pantangan untuk keluar rumah di malam 1 Suro. Hal ini lantaran pada malam itu beberapa orang percaya ada energi buruk yang bisa membawa kesialan bagi siapa saja yang keluar rumah.

2. Larangan Bicara atau Berisik

Selain larangan keluar rumah, ada pula larangan berbicara atau berisik di malam 1 Suro. Tak heran jika pada malam 1 Suro, tidak sedikit orang Jawa melakukan ritual bisu. Ritual ini sering kali dilakukan di area Keraton Yogyakarta. Selain itu ketika melakukan ritual ini, dilarang makan, minum, bahkan merokok. Masyarakat juga dilarang untuk berbicara tentang hal yang buruk yang dianggap dapat memicu kesialan.

3. Larangan Menggelar Pernikahan

Pantangan menggelar pernikahan di malam 1 Suro. Pasalnya menikah di bulan Suro, terutama pada malam 1 Suro diyakini berpeluang akan mendapatkan kesialan. Namun meskipun demikian, menikah di bulan Suro tidak pernah dilarang dalam agama Islam. Pasalnya dalam agama Islam sendiri, seluruh tanggal, bulan, dan waktu kapanpun merupakan waktu yang baik untuk menggelar pernikahan.

4. Larangan Pindah Rumah

Larangan malam 1 Suro tidak diperbolehkan untuk pindah rumah. Masyarakat Jawa percaya bahwa pada malam 1 Suro tidak boleh pindah rumah sebab, nantinya orang yang pindah rumah saat 1 Suro dipercaya akan mengalami kesialan.

Selain larangan keluar rumah, masyarakat Jawa masih memegang kepercayaan bahwa beberapa weton dilarang keluar rumah saat malam 1 suro.

Kepercayaan tersebut berdasar bahwa mereka bisa mengalami kesialan jika tetap keluar rumah saat satu suro tiba. Lantas, weton apa saja itu?

1. Weton Rabu Legi 

Malam 1 Suro 2023 sendiri akan jatuh tepat pada Rabu Legi atau Rabu Manis. Alhasil, bagi Anda yang lahir dengan weton serupa diharapkan untuk menghabiskan waktu di rumah.

Anjuran tersebut didasarkan pada kekhawatiran bahwa mereka yang lahir di weton serupa dengan 1 suro akan mendapatkan “kangelan” atau kesulitan.

2. Weton Minggu Pon

Bagi orang yang memiliki weton Minggu Pon sebaiknya juga berhati-hati saat akan keluar rumah di malam 1 suro. Sebab ini merupakan salah satu weton yang juga dilarang keluar saat malam 1 Suro. Jika memang harus keluar, jangan terlalu jauh dari rumah dan usahakan melakukannya secepat mungkin.

3. Weton Minggu Wage

Weton ini dilarang keluar saat malam 1 suro berikutnya adalah Minggu Pon. Sama halnya dengan weton sebelumnya, 1 suro dikhawatirkan akan membawa kesialan yang tidak diharapkan.
Jika Anda memiliki agenda penting di hari itu, usahakan untuk menyelesaikannya di pagi hingga siang hari.

4. Weton Senin Wage

Menurut perhitungan kalender Jawa, Anda yang memiliki weton Senin Wage sebaiknya juga tidak keluar di malam 1 Suro. Sebab dikhawatirkan akan adanya kesialan yang tentu saja tidak Anda harapkan. Apabila Anda memang harus meninggalkan rumah, selalu awasi sekitar dan bersikap penuh kehati-hatian.▪︎[zubi/berbagai sumber]