SISI POSITIF dan NEGATIF MUSIK METAL

375 dibaca

▪︎Oleh: Zulhan Akhmad

▪︎POSMONEWS.COM,-
Dengan adanya karya seni memalui musik metal, pasti sangat banyak musisi-musisi membuat karya melalui musik metal serta memberikan pandangan baik kepada masyarakat bahwa musik metal bukanlah suatu masalah.

Musik metal merupakan suatu cerminan budaya dari penggemarnya, selain dengan adanya informasi mengenai gaya fashion pada musik metal, masyarakat bisa lebih memahami arti dan makna dari masing-masing pakaian yang digunakan sebagai fashion dari musisi dan penggemar musik metal.

Musik metal memiliki manfaat dalam kesehatan mental yang membuat pendengar lebih tenang dan bisa mengontrol emosi, dari manfaat tersebut seharusnya masyarakat tau bahwa musik metal bukan musik yang menyesatkan dalam segi kehidupan maupun agama.

Solusi agar diterima masyarakat tentang skena musik metal sebenarnya hal yang sulit dilakukan, karena dalam sebuah seni, seniman selalu membuat karya dengan sesuka hatinya.

Dalam hal seni musik, musisi juga pasti membuat sebuah karya yang memiliki makna psoitif dan negatif, di luar genre metal pun masih banyak musik yang tidak menggambarkan sisi positif seperti contoh penyanyi pop Bruno Mars mempunyai lagu berjudul “Versace on The Floor”.

Dalam lagu tersebut memiliki makna tentang SARA seperti menceritkan seseorang sedang berhubungan intim, masih banyak lagi musik-musik negatif dalam maknanya.

Dalam hal positif dan negatif pasti ada di setiap seni, namun di dalam genre metal, masyarakat langsung menilai negatif pada musik metal karena dari busana serba hitam dan musik yang keras. Masyarakat harus menilai musik metal seperti genre musik lain ada dampak positif dan negatif.

Menurut penelitian, musik metal lebih bermanfaat dalam segi kesehatan mental bagi pendenga, maka dari itu masyarakat harus menerima musik metal dengan baik sebagaimana musik metal menerima masyarakat dalam sisi manapun.

Musik metal merupakan musik yang lebih keras dari genre musik manapun, musik metal kurang dapat diterima oleh masyarakat karena atribut dan gaya musik yang seram. Namun, dari nilai-nilai buruk tersebut musik metal masih memiliki nilai-nilai yang baik dalam seni musik yang bisa bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang dan memotivasi dari lirik-lirik yang ada di musik metal.

Musisi metal tidak pernah mengakui bahwa musik-musik mereka memiliki makna yang baik karena band-band metal sudah paham dengan nilai-nilai dari masyarakat. Musisi band metal memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk menilai sebuah skena musik metal, musisi band metal hanya ingin menghibur masyarakat dengan karya musik metal.(AHM/Tanto)