Bupati Yes: Kolaborasi Penta-Helik, Sinergi Wartawan dan Pemerintah

233 dibaca

▪︎Catatan Gathering Wartawan Lamongan 2022

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Giat Gathering wartawan Lamongan terdiri atas media cetak, telivisi dan online, Jumat (23/12/2022) di Kasembon, Malang dihadiri Bupati Yuhronur Efendi dan Forkompimda Lamongan.

Dalam kesempatan itu Bupati Yes menyebut peran media sebagai satu dari lima unsur kolaborasi penta-helix, yang saling bersinergi untuk membantu pemerintah daerah dalam mensukseskan program pembangunan.

Kolaborasi dalam konsep Penta-Helix ini menjadi trend, dan fokus dilakukan oleh Pemkab Lamongan. Implementasinya, melakukan kerjasama antar bidang dan pihak dari Academic, Business, Community, Government, dan media atau dikenal sebagai ABCGM.

Menurut orang nomor satu di Lamongan ini, akan nyambung dan berjalan seiring dengan ” konsep kolaborasi insklusif” yakni tema yang digaungkannya sejak HJL ke-453 lalu, sebagai momentum untuk berkolaborasi mewujudkan pembangunan inklusif mencapai kejayaan Lamongan.

“Terhadap konsep penta-helix ini merupakan kolaborasi yang melibatkan semua komponen, diantaranya adalah akademisi, para wirausahawan, pemerintah, para komunitas. Dan yang kelimanya, karena penta itu lima, dan itu adalah media massa. Tentunya, konsep penta-helix ini akan banyak menghasilkan inovasi, dan akan mempercepat kesuksesan pembangunan dan kejayaan Kabupaten Lamongan,” katanya.

Lebih lanjut Pak Yes mengatakan Pemkab Lamongan tidak bisa berjalan sendiri dalam melaksanakan tugas fungsi dan perannya dalam membangun daerah. Menurutnya diperlukan dukungan, partisipasi dan kontribusi dari berbagai elemen masyarakat termasuk media massa.

Pak Yes dengan jujur menyebut dirinya juga tidak anti atau alergi kritik (konstruktif, red), karena hal itu justru dijadikan evaluasi dan itu ia yakin sebagai jalan untuk capaian kinerjanya akan lebih baik dan bermanfaat untuk seluruh warga Lamongan.

Hal yang sama juga terhadap dukungan-dukungan dari berbagai pihak, lanjut dia akan membuat program-program dapat berjalan secara efektif dan efisien sehingga hasilnya maksimal.

Dalam kesempatan awal, Kadiskominfo, Sugeng Widodo, S.Sos, MM, mengatakan kegiatan ini adalah bagian membangun sinergi Pemkab Lamongan dengan media massa.

“Selama ini kerjasama pemberitaan sudah sangat baik, dan mantap, maka harus tetap dikuatkan untuk menuju Lamongan yang lebih baik,” tuturnya.

Sedangkan Sekda Lamongan, Drs. Moh. Nalikan, MM, juga menegaskan gathering ini merupakan wujud perhatian dan kepedulian Pemkab Lamongan dalam rangka merajut hubungan yang baik serta sinergitas yang positif antara Pemkab dengan media massa.

“Ini dilakukan demi terwujudnya Kejayaan Kabupaten Lamongan yang adil makmur, berkeadilan, dan tentu saja Megilan,” tegasnya.
▪︎[DANAR SP]