BNN – ONCB Thailand Kerjasama Penanggulangan Kejahatan Narkotika

537 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN) melakukan kunjungan kerja bilateral ke Negara Thailand. Hal tersebut dilakukan dalam rangka membahas penanggulangan kejahatan narkotika dari kawasan Golden Triangle Bersama Office of the Narcotics Control Board (ONCB).

Rombongan BNN RI tiba di Negara Thailand pada Rabu, 30 November 2022 dan akan melakukan berbagai kunjungan kerja di Negara Thailand hingga tanggal 5 Desember 2022.

Kunjungan kerja BNN RI ke Negara Thailand merupakan tindak lanjut dari pertemuan Kepala BNN RI, Komjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose dengan Sekjen ONCB, Wichai Chaimongkhon, di Bali pada bulan Agustus 2022 lalu. Disamping itu, kedua negara tersebut akan berdiskusi dan membangun kerja sama dalam menanggulangi kejahatan narkotika.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kepala BNN RI didampingi oleh Deputy Chief of Mission (DCM) KBRI Bangkok, Sukmo Yuwono, Direktur Intelijen BNN RI, Brigjen. Pol. Ruddi Setiawan, S.I.K., S.H., M.H., dan Kelompok Ahli Bidang Kerja Sama Internasional Ambassador, Harry R.J. Kandou.

Dalam pertemuan bilateral tersebut pihak Thailand menjelaskan perihal penanganan rehabilitasi para pecandu oleh Kementerian Kesehatan. Thailand juga di gunakan para bandar sebagai jalur peredaran narkotika dari Myanmar menuju Laos dan sekitar 80% Narkotika yang paling sering disalahgunakan adalah tablet Methamphetamine atau Yaba.

Kesimpulan dari pertemuan tersebut adalah BNN RI dan ONCB akan meningkatkan pertukaran informasi dalam menanggulangi kejahatan narkotika dari kawasan Golden Triangle dan Thailand sebagai negara anggota Commission on Narcotic Drugs (CND) dapat mendukung Indonesia dalam pencalonan keanggotaan CND periode 2024-2027.▪︎(anggl/alams)