Peringatan Nuzulul Qur’an Kodim 0812 Hadirkan Kai Nyentrik

163 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Banyak hikmah yang bisa dipetik dari peringatan Nuzulul Quran, salah satunya dijadikan momentum untuk memperbaiki, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan insan terhadap ajaran Alquran yakni sebagai landasan dan petunjuk bagi manusia agar selamat dunia akhirat.

Sedangkan bagi institusi TNI peringatan Nuzulul Quran menjadi pondasi keimanan dan ketaqwaan setiap prajurit yang semakin cinta Alquran dan tersinari oleh cahaya kebenarannya, sehingga mampu menjadi prajurit yang kuat, solid, profesional dan dicintai rakyat serta mendukung tugas pokok TNI.

Menimbang pentingnya aspek religius inilah Kodim 0812/Lamongan menggelar Peringatan Nuzulul Quran di Aula Kadetsuwoko yang merupakan kegiatan rutin di setiap Bulan Ramadhan, untuk memperingati turunnya kitab suci Al Qur’an yang dilaksanakan secara berjamaah dan disertai dengan pemberian santunan kepada anak Yatim, Rabu malam Kamis (21/04/2022).

Dalam kegiatan ini juga dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Lamongan serta menghadirkan penceramah kondang Letkol Laut (K) Rokhim Hadi Anwar, S.KM, S. kep, M.Kes atau yang akrab disebut (Blangkon Loreng)

Dalam kegiatan Nuzulul Qur’an ini Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf saat di lokasi mengatakan peringatan Nuzulul Quran 1443 Hijriah/ 2022 Masehi ini mengusung tema “Impelementasikan Nilai-Nilai Ramadhan dalam kehidupan prajurit TNI,”

“Hal ini merupakan momentum Nuzulul Quran yang mana kita harus memanfaatkan untuk memperbanyak amal kepada Allah SAW. Apalagi memperbanyak membaca Alquran menjadi amalan yang begitu baik apabila dilakukan di bulan Ramadhan.

Kegiatan peringatan hari besar keagamaan seperti ini sangat penting dalam rangka mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Melalui peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini, marilah kita senantiasa mengagungkan Al-Quran, membaca serta merenungi isi kandungan dari ayat-ayat Al-Qur’an sebagai pedoman menjalani kehidupan,“ tutur Dandim 0822 di sela kegiatan.

Sementara itu Letkol Laut (K) Rokhim Hadi Anwar, S.KM, S. kep, M.Kes atau yang akrab disebut (Blangkon Loreng) dalam ceramahnya menjabarkan sejarah singkat turunnya Alquran dan makna peringatan Nuzulul Qur’an.

Kiai nyentrik ini mengupas tentang keagungan dan keberkahan Alquran yang dijelaskannya, bahwa Al-Qur’an tidak turun begitu saja dari langit, tetapi merupakan kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara wahyu, yang diturunkan secara berangsur-angsur selama 23 tahun.

“Mari kita jadikan Kitab Suci Alquran yang penuh keberkahan sebagai pedoman dan lentera menuju kehidupan yang penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,“ tegas Kyai Blangkon Loreng yang diamini seluruh jamaah yang hadir.
**(DANAR SP)