Mantapkan Eksestensi, Ratusan Karateka INKANAS Lamongan Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

96 dibaca

LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Sebagai kegiatan rutin untuk memantapkan eksestensinya, setiap perguruan cabang olahraga beladiri, penggiatnya akan menjalani ujian kenaikan tingkat (UKT) atau sabuk.

Di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, perguruan Institut Karate-do Nasional (INKANAS) yang terdiri dari Dojo Gajah Mada, Dojo Kompi A, Dojo Karebet dan Dojo Elang Karate Club mengelar UKT dan penurunan kyu bersama di kawasan militer Kompi A Yon Zipur 5, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Minggu (23/1/2022) kemaren.

Menurut Senpai Hariono DAN II Karate selaku sekretaris Inkanas Lamongan. Pada sambutan pembukaan UKT, ini baru kali pertama digelar semenjak pandemi Covid-19 mendera negeri.

Data yang diterima posmonews.com di kegiatan ini, yang tercatat di meja tim penguji ada sebanyak 100 karateka mulai usia 5 tahun hingga usia sekolah menengah pertama menjalani ujian ketangkasan. Baik kihon kumite dan kelihaian memainkan kata (seni).

Komandan Kompi A Batalion Zeni Tempur Lettu CZI Fahrudin Ali Ahmad menegaskan, sangat mendukung anak-anak Inkanas.

“Harapannya, dapat memacu lagi semangat untuk mencapai cita-cita kelak.” tegasnya ketika diwawancarai awak media disela ujian kenaikan tingkat itu.

Danki A Yon Zipur 5 juga mewanti-wanti karateka Inkanas untuk menjaga nama baik perguruan. Menurut dia, karena salah satu rusak, semua jadi rusak.

“Jadilah contoh, jangan hanya memberi contoh.” tutupnya.

Ada yang unik pada UKT Inkanas Lamongan kali ini. Dimana satu diantara peserta ujian bernama Everest Adelar Danendra Angga Atala (5), karateka cilik ini masih duduk di bangku TK A.

Bocah laki-laki yang berlatih karate di Dojo Kompi A ini dinyatakan lulus ujian sabuk putih. Kenaikan sabuk setingkat lebih tinggi pun didapatkannya. Ia berhak mengenakan sabuk kuning.

Ada lagi, Dzakirah Amenta Mufida (6), karateka putri dari Dojo Karebet Inkanas Lamongan juga dinyatakan lulus ujian kenaikan tingkat sabuk putih ke sabuk kuning.

Ia masih menduduki bangku TK B, namun tekadnya untuk meraih prestasi pada cabang olahraga Karate tidak bisa diremehkan.

Karateka cilik ini berlatih karate di Dojo Karebet Polres Lamongan. Dibawah pembinaan Senpai Samsul Hadi DAN II Karate.

Sementara itu ketua tim penguji dari Pengurus Daerah (Pengda) Inkanas Jawa Timur Senpai Bisma Karate DAN III mengucapkan selamat atas kenaikan tingkat karateka Inkanas Kabupaten Lamongan.

“Mulai awal tadi saya melihat dari sabuk putih hingga coklat sudah bagus. Saya nyatakan lulus semua.” ucapnya disambut tepuk tangan para karateka.

Namun Senpai Bisma mengingatkan karateka jangan merasa puas diri, bangga dengan yang dicapai hari ini.

“Meskipun lulus, harus terus berlatih dan terus berlatih.” kata Bisma lalu dijawab osh, oleh karateka usai mengikuti ujian kenaikan tingkat.

Ia juga berjanji akan menghadirkan Senpai Sisil dan Sensei Umar Syarief di Inkanas Lamongan, untuk memberikan motivasi dan semangat berlatih meraih prestasi.
**(DANAR SP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here