Dampak yang Terjadi Akibat Wabah Virus Covid-19 Terhadap Masyarakat

157 dibaca

NAMA   : NAVY HARDIANSYAH
NIM        : 202010170311222
KELAS : AKUNTANSI 3E
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

BANYAK dampak negatif yang disebabkan olek wabah virus covid-19. Akibat dari meledaknya dan penyebaran virus tersebut secara cepat, pemerintah pun mengeluarkan beberapa kebijakan yang pertama yaitu kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan yang kedua adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ini telah dilakukan dari level 1 hingga level 4. pengusaha ataupun pedagang kaki lima banyak yang mengalami kerugian yang cukup besar. Akibatnya banyak pengusaha berfikir dua kali agar usaha mereka tidak bangkrut, yaitu dengan cara mengurangi jumlah pekerja.

Dari sisi pedagang kaki lima pun banyak yang mengalami kerugian dikarenakan berkurangmya jumlah pelanggan, apalagi mereka banyak yang memulai melakukan kegiatan berdagangnya pada pukul 18.00 dan pada waktu 20.00 para pedagang di himbau untuk menutup dagangan meraka.

Dampak dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ini juga mengakibatkan banyak pekerja yang merantau ke luar kota tidak bisa kembali ke kampung halamannya.

Wabah virus Covid-19 juga meberikan kerugian yang sangat cukup besar terhadap perekonomian negara. Seperti yang dikatakan Mentri Keuangan Sri mulyani Indrawati, kerugianyang dialami negara akibat pandemi Covid-19 bisa ditafsirkan sekitar Rp. 1.356 triliun dan jumlah itu setara dengan 8,8 persen dari PDB Indonesia.

Tidak hanya itu, wabah virus Covid-19 juga memberikan dampak negatif dalm proses kegiatan pembelajaran. Seperti di tutupnya tempat pembelajaran, kegiatan pembelajaran di lakukan secara online, dan banyaknya siswa yang memilih putus sekolah untuk membantu perekonomian orang tua.

Dari seluruh dampak negatif tersebut juga terdapat dampak positif yang di alami akibat wabah Covid-19 seperti, munculnya investor baru, siswa dapat diawasi oleh orang tua secara langsung, dan yang terakhir masyarkat bisa lebih menghemat biaya untuk keperluan sehari-hari

Jadi, kita bisa banyak mengambil pelajaran dari Covid-19 ini. Dari dampak negatif pun kita bisa mengambil pelajaran untuk hidup lebih empati dan menghargai hal sekecil apapun agar kita sebagai individu dalam peran apa pun itu bisa bertahan di masa pandemi ini.***