Gus Baha: Amalan Ringan, Rizeki Lancar

273 dibaca

KH Ahmad Bahauddin Nursalim
(Gus Baha), dikenal sebagai salah satu ulama yang ceramahnya disukai banyak orang karena mudah dicerna.

Gus Baha merupakan putra seorang ulama pakar Alqur’an yang juga pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an LP3IA KH Nursalim Al-Hafizh dari Narukan, Rembang, Jawa Tengah.

Gus Baha dikenal sebagai salah satu ulama NU yang memiliki pengetahuan mendalam tentang Alqur’an. Kemampuannya menyampaikan ilmu disertai argumen sederhana menjadikan persoalan yang rumit terasa mudah dicerna. Ceramahnya banyak dicari oleh warganet maupun para penuntu ilmu.

Keilmuannya tidak diragukan lagi karena sejak kecil sudah belajar Alqur’an. Beliau juga menguasai banyak cabang ilmu di antaranya ilmu hadis, fiqih, dan tafsir khususnya Kitab Tafsir Jalalain.

Gus Baha menyampaikan satu amalan ringan untuk mempelancar rizeki. Beliau mengupas salah satu ayat yang mengandung hikmah yaitu Surat An-Nur Ayat 61. Ayat ini menerangkan tentang adab masuk rumah sendiri maupun orang lain.

Menurut riwayat Asbabun Nuzul, ayat ini berkenaan dengan seseorang yang merasa berdosa jika ia makan sendirian. Jika ia tidak menemukan seseorang yang mau makan bersamanya, maka ia tidak mau memakan makanannya.

Gus Baha mengijazahkan amalan agar rizeki kita lancar dan tidak menjadi fakir. Yaitu pada saat memasuki rumah khususnya rumah kita sendiri, yang dimungkinkan tidak ada orang yang menjawabnya, maka kita dianjurkan membaca Salam untuk diri kita sendiri dengan membaca;

“Assalaamu ‘Alainaa wa ‘Alaa Ibaadillaahish Shaalihiin” (keselamatan semoga dilimpahkan kepada diri kami dan hamba-hamba Allah yang saleh).

Para Malaikat akan menjawab salam yang kita ucapkan. Kenapa orang yang mengucapkan salam tersebut rizekinya lancar?

Kata Gus Baha, orang yang mengamalkan kalimat itu akan mendapatkan jaminan dari Allah Ta’ala, “tahiyyatan min indillahi mubarakatan thayyiba”. Mendapatkan keberkahan dari sisi Allah Ta’ala. Dan tidak mungkin orang yang mendapatkan keberkahan hidupnya miskin.

Demkian amalan ringan memperlancar rezeki dari Gus Baha. Semoga kita bisa mengamalkannya.**(zub)