Makan Nanas sebelum Tudur Hilangkan Pegal-pegal

205 dibaca

Buah nanas memang sudah menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Bagaimana tidak, nanas dikenal memiliki rasa manis dan asam. Setiap makan nanas kita pasti selalu merasa segar. Banyak pula yang suka makan nanas di siang hari. Nah, kini baiknya mencoba makan nanas sebelum tidur.

Cobalah makan buah nanas sebelum tidur. Dengan makan nanas sebelum tidur, dijamin esok harinya perubahan tak terduga ini langsung terasa pada tubuh!

Makan Nanas sebelum Tidur

Dalam satu porsi buah nanas sekitar 100 gram, terdapat kandungan 8 persen kebutuhan harian vitamin B-6, 88 persen vitamin C, 8 persen tembaga, serta 52 persen.

Menariknya, buah nanas ternyata tidak hanya dikonsumsi sebagai pencuci mulut saat siang hari.
Buah ini ternyata aman dikonsumsi sebelum Anda tidur.

Manfaat buah nanas sendiri bisa Anda rasakan esok harinya setelah mengonsumsinya pada malam hari. Berikut manfaat rutin mengonsumsi buah nanas sebelum tidur seperti yang dilansir
SajianSedap.com.

1. Menghilangkan pegal-pegal
Setelah menjalani hari yang panjang, tubuh pasti akan terasa lelah dan juga terkadang merasa pegal-pegal dan nyeri.

Jika kondisi tubuh sudah merasakan hal ini, yang ingin dilakukan secepatnya hanyalah istirahat.

Namun, siapa sangka nanas memiliki manfaat yang bisa digunakan untuk menghilangkan pegal-pegal pada tubuh. Kandungan enzim bromelain yang terdapat dalam buah nanas berguna untuk membantu penyerapan protein pada tubuh.

Protein sangat dibutuhkan oleh otot untuk meregenerasi sel-sel otot yang rusak setelah digunakan seharian. Selain dapat mengatasi pegal, nanas juga bisa digunakan sebagai obat keseleo dan nyeri otot. Manfaat nanas sebagai obat keseleo memang sudah digunakan secara umum sejak lama.

2. Memperkuat Tulang dan Otot

Selain untuk mengurangi rasa pegal dan menyembuhkan nyeri otot, nanas juga memiliki peranan yang sangat baik untuk menguatkan tulang dan otot.

Dalam sebuah nanas, terkandung kalsium yang sangat baik untuk kekuatan tulang. Vitamin C yang ada dalam buah nanas juga berguna untuk memperkuat otot dan pembuluh darah. Namun, perlu diperhatikan bahwa nanas tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Meskipun memiliki manfaat yang sangat luar biasa, mengonsumsi nanas sebelum tidur tetap memiliki efek samping. Nanas mengandung glukosa atau gula yang kurang baik jika dikonsumsi sebelum tidur.

Untuk itu, konsumsi nanas satu jam sebelum tidur dengan porsi yang tidak terlalu banyak jika ingin menghilangkan pegal-pegal.

Minum Air Rebusan Nanas

Bagi pecinta nanas, baiknya olah nanas di rumah menjadi air rebusan nanas. Karena air nanas kaya akan nutrisi penting.

Jika tidak menambahkan gula, itu adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi, melawan peradangan, dan melindungi hati, menurut penelitian. Simak manfaat kesehatan dari air rebusan nanas:

1. Mengurangi Peradangan

Nanas mengandung bromelain, enzim yang melawan peradangan.
Bromelain menghancurkan racun yang menyerang jaringan kita, menurut penelitian ini dari Universitas Sri Ramachandra (India) dan menyebabkan rasa sakit, edema, dan retensi cairan.
Air nanas adalah obat alami yang bagus jika Anda menderita radang sendi.

Sebaiknya memulai hari dengan segelas air nanas saat perut kosong sehingga perut dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik, meskipun ini belum terbukti secara ilmiah.

2. Suplemen Penurunan Berat Badan

Seperti dilansir dari Steptohealth, minum air nanas secara teratur dapat membantu Anda merasa lebih puas setelah makan. Tiamin dalam air nanas akan membantu meningkatkan metabolisme Anda dengan mengubah karbohidrat menjadi energi.

Namun perlu diingat, air nanas dengan sendirinya tidak akan membuat Anda menurunkan berat badan. Anda harus memasangkannya dengan diet seimbang dan olahraga.

3. Mencegah Kram Otot

Nanas menawarkan zat gizi mikro yang tidak dimiliki air putih. Jadi, bukan ide yang buruk untuk membawa sebotol air nanas kecil bersamamu setiap hari.

Air nanas mengandung kalium tinggi yang membantu mencegah kram otot dan masalah lain yang berhubungan dengan kelelahan, menurut penelitian ini dari Rumah Sakit Necker di Paris.

Ini membantu menjaga keseimbangan elektrolit yang sehat dalam tubuh Anda. Ingat bahwa ini semua didasarkan pada meminumnya dengan perut kosong.

Tiamin dalam air nanas akan membantu meningkatkan metabolisme Anda dengan mengubah karbohidrat menjadi energi. Air nanas sangat cocok untuk tetap terhidrasi.

4. Sebagai Detoks Tubuh

Enzim dan antioksidannya yang bermanfaat akan membantu Anda membersihkan tubuh dari logam berat. Makan nanas alami sangat bagus untuk kesehatan usus dan pencernaan. Karena itu, jika Anda berusaha mencegah sembelit, Anda harus makan buah nanas utuh.

5. Baik untuk Kelenjar Tiroid

Bromelain juga dapat melindungi Anda dari beberapa penyakit autoimun, yang terkait dengan kelenjar tiroid, menurut sebuah penelitian dari Philippine Women’s University.**(anis)