Ditemukan, Guci Kuno Piranti Santet

108 dibaca

• Media Kutukan dan Membunuh 55 Orang di Athena

“Arkeolog menemukan detail guci yang tergores nama-nama. Guci kuno berusia 2.300 tahun ini berisi tulang-tulang ayam untuk tujuan santet.”

Para arkeolog menemukan sebuah guci keramik berusia 2.300 tahun berisi tulang-tulang ayam. Guci ini berfungsi sebagai media kutukan kuno untuk melumpuhkan dan membunuh 55 orang di Athena. Temuan ini mengungkapkan bukti baru tentang bagaimana orang mencoba menggunakan ‘sihir’ di kota itu.

Para tim ahli menemukan guci bersama dengan koin, di bawah lantai Gedung Komersial Klasik Agora, yang digunakan oleh pengrajin kuno.

“Guci itu berisi potongan kepala dan tungkai bawah ayam muda,” kata Jessica Lamont, profesor di Yale University dilansir Live Science pada Jumat, 3 Juni 2021.

Seperti dilansir Nationalgeographic.co.id pada saat itu, sekitar 300 SM, orang-orang yang membuat kutukan juga mencungkil paku besi besar melalui bejana.

“Semua permukaan luar guci awalnya ditutupi dengan tulisan, lebih dari 55 nama tertulis. Kami mencatat bahwa ada tulisan Yunani berisi kata-kata yang mungkin berarti kita mengikat,” tulis Lamont.

Bagian kuku dan ayam kemungkinan berperan dalam kutukan tersebut. Kuku umumnya ditemukan dengan kutukan kuno dan memiliki kekuatan penghambat dan secara simbolis melumpuhkan atau menahan kemampuan korban kutukan.

Sementara, ayam itu berusia tidak lebih dari tujuh bulan ketika dibunuh.  Orang-orang yang menciptakan kutukan mungkin ingin mentransfer ketidakberdayaan dan ketidakmampuan anak ayam untuk melindungi dirinya sendiri kepada orang-orang yang namanya tertulis di guci.

Kehadiran kepala dan kaki bagian bawah ayam di dalam guci menunjukkan bahwa dengan memelintir dan menusuk kepala dan kaki bagian bawah ayam, pembuat kutukan berusaha melumpuhkan penggunaan bagian tubuh yang sama pada korban mereka.

Lamont menjelaskan bahwa kutukan mengikat Athena bertujuan untuk ‘mengikat’ atau menghambat kemampuan fisik dan kognitif dari individu yang disebutkan. Guci itu ditempatkan di dekat beberapa tumpukan kayu bakar yang berisi sisa-sisa hewan, sesuatu yang mungkin telah meningkatkan kekuatan kutukan.

Kemudian, gaya tulisan tangan di guci menunjukkan bahwa setidaknya dua orang menulis nama di guci tersebut.

“Itu tentu saja disusun oleh orang-orang dengan pengetahuan yang baik tentang cara memberikan kutukan yang kuat,” papar Lamont.

“Banyaknya nama membuat gugatan yang akan datang skenario yang paling mungkin, Dia mencatat bahwa komposer kutukan mungkin mengutip semua lawan yang bisa dibayangkan dalam laknat mereka, termasuk saksi, keluarga dan pendukung oposisi. Percobaan adalah hal biasa pada saat itu di Athena dan menggembleng banyak publik,” tambahnya.

Lokasi guci yang berada di sebuah bangunan yang digunakan oleh pengrajin, menunjukkan bahwa gugatan itu mungkin melibatkan perselisihan di tempat kerja.

“Kutukan itu bisa saja diciptakan oleh pengrajin yang bekerja di bangunan industri itu sendiri, mungkin menjelang persidangan mengenai konflik antar tempat kerja,” tulis Lamont.

Kemungkinan lain adalah bahwa kutukan itu terkait dengan perselisihan di Athena sekitar 2.300 tahun yang lalu. Setelah Alexander Agung meninggal pada 323 SM, kerajaannya runtuh dan para jenderal dan pejabatnya berjuang untuk kekuasaan.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa beberapa faksi berjuang untuk menguasai Athena pada saat itu. Itu adalah periode yang diganggu oleh perang, pengepungan, dan pergeseran aliansi politik.

Guci kutukan itu digali pada tahun 2006 dan baru-baru ini dianalisis dan diuraikan oleh Jessica Lamont. Penggalian toples diawasi oleh Marcie Handler, yang merupakan mahasiswa doktoral di bidang klasik di University of Cincinnati pada saat itu.
**(ika)