Jembatan Terangker di Pulau Jawa

158 dibaca

Pulau Jawa memiliki banyak jembatan dengan desain yang menawan. Tak sekadar berfungsi menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya, jembatan dibangun menjadi lebih menarik dan estetik.

Meski indah, tetapi kisah-kisah mistis di jembatan seringkali tak dapat terelakkan. Tidak jarang jembatan juga dipergunakan orang putus asa dalam menjalani kehidupan. Ini dia sepuluh jembatan yang dinilai paling angker di Pulau Jawa.

1. Di Jembatan Cincin, Sumedang:

Jembatan Cincin mempunyai kisah ada seorang perempuan melompat dari atas jembatan, karena malu hamil di luar nikah. Sosoknya sering terlihat meminta bantuan kepada orang lewat. Dari kisah itu sering orang yang melintasinya mendengar suara minta tolong.

2. Jembatan Ancol, Jakarta Utara:

Jembatan Ancol sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Jakarta. Bahkan, di jembatan ini sering terjadi kecelakaan di kawasan Jembatan Ancol, Jakarta Utara. Setiap malam Jumat, ada sosok perempuan berpakaian merah yang suka tiba-tiba menyeberang jalan.

3. Jembatan Pasupati, Bandung:

Sering terlihat perempuan bergaun merah yang menggoda pengguna Jembatan Pasupati, Bandung. Konon, ia bunuh diri setelah ditinggal kekasihnya yang meninggal akibat kecelakaan. Menurut warga Bandung, jembatan ini terkenal cukup angker.

4. Jembatan Eretan, Indramayu:

Jembatan Eretan terkenal cukup angker. Menurut warga Indramayu, di jembatan itu sering ada penampakan hantu perempuan menumpang untuk diantar pulang. Setelah sampai di lokasi, ternyata rumahnya adalah makam.

5. Jembatan Suramadu, Surabaya:

Jembatan Suramadu terkenal cukup eksotik, terutama pada malam hari. Namun, di balik keindahan Jembatan Suramadu ada sosok makhluk halus sundel bolong sering muncul di sekitar kawasan Jembatan Suramadu, Surabaya. Rambutnya yang panjang terurai dengan pakaian putih panjang dan tampak seram. Sosok ini sering muncul dan menakuti pengguna jembatan pada malam hari.

6. Jembatan Jiwan, Madiun:

Konon, jembatan ini di huni sosok perempuan korban pemerkosaan bernama Sadikem yang mayatnya dibuang di Jembatan Jiwan, Madiun. Saat malam hari, Sadikem suka menampakkan diri. Bahkan mengganggu pengendara motor pada malam hari.

7. Jembatan Merah, Surabaya:

Siapa yang tidak kenal dengan Jembatan Merah, Surabaya. Hampir semua orang di Jawa Timur mengetahui dan pernah melewati Jembatan Merah. Pasalnya, jembatan tersebut sangat terkenal sejak zaman penjajah Belanda.

Dikusahkan Jembatan Merah juga terkenal angker. Seorang pejalan kaki mencium bau anyir darah di sekitar Jembatan Merah, Surabaya. Ada pula suara meminta tolong yang misterius saat pengendara melewati jembatan ini.

8. Jembatan Sulfat, Malang:

Siapa sangka kalau Jembatan Sulfat, Malang, ini dibangun
di atas bekas pemakaman. Bahkan menurut warga Malang, jembatan ini terkenal cukup angker. Dikisahkan, di jembatan itu sering terlihat penunggu jembatan, seperti pocong, kuntilanak, dan anak kecil misterius.

9. Jembatan Comal, Pemalang:

Di balik keindahan Jembatan Comal, Pemalang, ada kisah yang membikin bulu kuduk berdiri. Beberapa pengendara mendengar tangisan bayi saat melintas Jembatan Comal, Pemalang. Ada pula anak kecil yang tiba-tiba melintas, hingga mengakibatkan kecelakaan tunggal.

10. Jembatan Gladak Perak, Lumajang:

Menurut kisah warga Lumajang, bahwa di jempatan itu menjadi lokasi pembuangan mayat saat peristiwa G30S/PKI. Beberapa pengendara sering melihat sosok misterius menyeberang tiba-tiba. Akibatnya pengendara sering terjadi kecelakaan.

Itulah beberapa jembatan dinilai paling angker di Pulau Jawa yang dikenal seram. Selalu berhati-hati di mana pun berada. Kisah ini ditulis berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, pengalaman orang per orang, dan disampaikan dari mulut ke mulut. Pengalaman setiap orang terhadap mitos dan kesan mistis seperti di atas, akan berbeda-beda.
(kmp/psm)