Larangan Berburu Ikan Kakaktua

171 dibaca

Ikan Kakaktua sangat penting jangan diburu dan dikonsumsi lagi. Ikan Kakaktua adalah pemakan Alga dan Terumbu Karang yang telah mati. Setiap hari ikan ini menghabiskan waktunya 90 persen untuk mengunyah, makanannya.

Ikan Kakaktua sangat penting dalam menjaga ekosistem khususnya terumbu karang, terumbu karang dibersihkan dari hasil yang dibersihkan, maka terumbu karang tersebut sehat kuat bertahan hidup dalam menghadapi perubahan suhu air laut, polusi juga kondisi air laut yang keruh.

“Setelah ikan Kakaktua memakan terumbu karang yang mati dan membersihkan, maka ikan ini akan mengeluarkan kotoran pasir putih yang halus dan banyak sekali,” kata A. Yani SH. S.Sos. MH. Kabid Pemberdayaan Budidaya Ikan Kabupaten Malang.

Lebih jauh A. Yani menegaskan bahwa seekor ikan Kakaktua dewasa akan mengeluarkan kotoran pasir putih yang halus 400 kg setiap tahunnya.

“Semakin banyak ikan Kakaktua semakin banyak pantai pasir putih dengan potensi terumbu karang yang banyak,” jelas A Yani.

Ikan Kakaktua ini jumlahnya sedikit di laut lepas. Ikan Kakaktua jenis ikan herbivora jika terus diburu untuk dikonsumsi, maka jumlah alga akan banyak dan terumbu karang akan sedikit tidak sehat.

“Hal ini bisa mematikan ekosistem dan membuat laut tidak terjaga ekosistemnya. Untuk tolong stop berburu ikan Kakaktua dan jangan dikonsumsi, biar ekosistem terjaga,” pinta A. Yani.
(Ahmad/Agus/Jono)