Unipa Magang di SMP PGRI 1 Buduran

310 dibaca

SIDOARJO–POSMONEWS.COM
Sebanyak 20 orang mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya memulai magang di SMP PGRI 1 Buduran, Sidoarjo. Mereka mengikuti program Program Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP II.2). Rencananya dilaksanakan tanggal 16 November sampai dengan 24 Desember 2020. Dengan menerapkan standar disiplin protokol kesehatan.

Mereka berasal dari beberapa program studi: Bimbingan dan Konseling (3 orang), Pendidikan Bahasa Indonesia (3 orang), Pendidikan Bahasa Inggris (4 orang), Pendidikan Seni Rupa (2 orang), Pendidikan Matematika (2 orang), dan Pendidikan Jasmani (6 orang). Dibimbing oleh 2 orang dosen pembimbing lapangan: Dr. Dra. Hj. Siyaswati, M.Pd dan Erna Puji Astutik, S.Si, M.Pd, M.Sc.

Kedua puluh mahasiswa tersebut didampingi oleh 8 orang guru pamong. Program studi Bimbingan dan Konseling (Dra. Hj. Eva Wahyuda, M.Pd), Bahasa Indonesia (Bogie Assasulillah Maharani, S.Pd), Bahasa Inggris (Diah Cahyani, S.Pd dan Rukistin Kartika Bayu, S.Pd), Seni Rupa (Gita Novitasari Mogot, S.Sn), Matematika (Eny Riana, S.Pd), Pendidikan Jasmani (Viky Dwi Irawan, S.Pd dan Mukhlas Syafii Putra, S.Pd).

Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd mengatakan, para mahasiswa Unipa yang magang di SMP PGRI 1 Buduran dimohon supaya bisa hadir di sekolahan setiap hari. Jangan hanya belajar mengajar, tapi juga harus belajar mendidik. Dengan demikian, juga diharapkan akan belajar banyak hal yang ada di sekolahan, termasuk ekstrakurikuler, perpustakaan, dan administrasi sekolah.

“Saya berpesan khusus, untuk menjaga penampilan, guru harus rapi dan berwibawa, serta berdisiplin. Harus menjaga cara berpakaian, tutur kata, sikap, dan perilaku. Untuk itu, dimohon semuanya saja berkomunikasi intensif dengan guru pamongnya masing-masing,”katanya dalam sambutan penyerahan mahasiswa magang Unipa, Senin (16/11/2020).

Perwakilan dosen pembimbing lapangan, Dr. Drs. Siyaswati, M.Pd mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pimpinan SMP PGRI 1 Buduran, yang telah memberi kesempatan kepada para mahasiswanya untuk magang.

“Mahasiswa kami siap untuk mematuhi aturan sekolahan. Kami mohon arahan dan bimbingannya,”katanya.

Sementara itu, pada hari yang sama, SMP PGRI 1 Buduran juga menyelenggarakan kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa), yang diikuti oleh 50 orang peserta didik.

“Mereka adalah peserta didik yang terpilih menjadi pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) masa bakti 2020 – 2021,”kata Kaur Kesiswaan SMP PGRI 1 Buduran, Dra. Lilik Tri Utami.

LDKS menurut jadwal dilaksanakan pada tanggal 16 – 21 November 2020. Memberikan materi: bela negara, dinamika kelompok, kenakalan remaja (narkoba), manajemen kepemimpinan, pembinaan iman dan takwa, PBB (Peraturan Baris Berbaris), bakat dan minat, kesenian, wirausaha, tanggap lingkungan, menyanyi, olah raga, basic mental organisasi, teknik pengambilan keputusan, dan renungan karakter.

• (Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)