Prediksi Pilbup Lamongan, Head to Head Koalisi Besar versus Independen (2)

208 dibaca

Syahdan wartawan posmonews.com mendapat bocoran data dari seorang politisi yang meminta identitasnya tidak ingin disebut, perihal peliknya rekom PKB dan PDI-P.

Sedangkan Gerindra diprediksi akan keluar dari koalisi dan bergabung mendukung pencalonan Yuhrohnur Efendi (YES) – Kiai Rouf yang dipelopori Golkar, Demokrat, PAN, PPP, Hanura, Perindo.

Kabar terbaru yang santer, bahwa seorang petinggi partai di Lamongan terbang ke Jakarta merumorkan bahwa beliau tengah menguatkan jalinan koalisinya dengan bersilaturahmi ke petinggi DPP Gerindra.

“Jika Gerindra meninggalkan koalisi maka praktis tinggal PKB dan PDI-P. Sedangkan koalisi yang semula dianggap sangat kuat itu digagas oleh Sholahuddin-Saim. Maka seandainya rekom itu jatuh pada Kartika, dan Sholahuddin tersingkir maka koalisi itu sudah tidak ampuh lagi,” sebut sumber itu.

Hingga berita ini ditulis Kartika belum menerima rekomendasi dari partai yang menaunginya, Partai PKB. Merapatnya beberapa partai besar di Lamongan untuk mendukung dan memberi rekom pada Yuhronur Efendi – KH. Abdul Rouf menjadian paslon ini di atas angin. Koalisinya sangat kuat. Apalagi secara ketokohan dan koalisi partai pendukungnya. Dari jargon ketokohan pasangan Yuhronur Efendi (YES) – KH. Abdul Rouf untuk maju dalam Pilkada Lamongan 2020 diprediksi sangat kuat.

Duet yang disebut sangat solid, serta komplit karena YES mewakili umaro berpengalaman sedangkan Kiai Rouf mewakili ulama yang bisa menyatukan umat sehingga sebagai pendamping dalam membangun dan mensejahterakan warga.

Ketua DPD Golkar Kabupaten Lamongan, Kacung Purwanto ketika dikonfirmasi mengatakan, partainya merekom Yuhronur, karena pria yang kini menjabat sebagai Sekda Lamongan itu dinilai memiliki kemampuan meneruskan kepemimpinan di Kabupaten Lamongan ke depan.

Sebelumnya, pasangan Yuhronur Efendi-Abdul Rouf juga mendapatkan rekomendasi dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang diserahkan Ketua DPD PAN Lamongan, Khusnul Aqib, di hadapan Ketua, Sekretaris dan pengurus DPC PAN se-Lamongan saat Pembinaan Politik ke pengurus DPC dan DPD, di Rumah PAN Jalan Basuki Rahmad No 36 Lamongan, pada Jumat (10/7). Koalisi yang kuat karena juga mendapatkan dukungan dari PPP, Perindo, Demokrat, dan Hanura.

Dukungan pada Yuhronur Efendi – Abdul Rouf juga disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Sarmuji. Ia yakin terhadap kemampuan YES bisa meneruskan pembangunan Lamongan. Karena Sekab Lamongan ini arsitek di dalam pemerintahan. Sudah mem-back up H. Fadeli melalui jajaran birokrasinya.

“Sebuah duet yang saling melengkapi. Pak Yuhronur pasti tahu benar apa yang mesti dilakukan di dalam pemerintahan, prioritas apa yang harus dilakukan supaya Lamongan lebih maju. Sedangkan Kiai Rouf memiliki akar sosial yang kuat di kalangan Nahdliyin, sehingga bisa menjadi penghubung aspirasi rakyat, terutama kaum Nahdliyin yang merupakan mayoritas warganya,” tukasnya.
(DANAR)