Penyerahan Bantuan Gerobak Motor Dinas Pertanian

342 dibaca

Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Jatim, menyerahkan bantuan gerobak motor sebanyak 5 unit untuk kelompok tani. Pembelian gerobak motor tersebut berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau tahun 2020.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Ir. Budiar Anwar didampingi Kabid, Kholifah Masruroh, bahwa pembelian 5 unit gerobak motor tersebut menghabiskan dana Rp. 150.000.000,-.

“Untuk para kelompok tani yang mendapatkan gerobak motor baru ini ini di antaranya; Kecamatan Tajinan, Sumberpucung, Tumpang, Donomulyo dan Kecamatan Poncokusumo, mereka semua memang para kelompok tani tembakau,” katanya.

Kabid Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Kholifah Masruroh mengatakan bahwa gerobak motor ini untuk mengangkut hasil pertanian tembakau.”Gerobak ini untuk Saprodi sampai mengangkut hasil panen di sawah karena jalannya kecil dengan gerobak ini diharapkan bisa mencapai hasil yang lebih maksimal lagi,” ujar Kholifah Masruroh.

Salah satu kelompok tani tembakau Sumber Rejeki Donomulyo, Sukadi mengatakan selama ini kita sudah ada kerjasama terkait dengan tembakau dengan PT. Sadana di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

“Kita selalu kirim ke PT. Sadana disamping kwalitas tembakau kita juga baik dan bagus, sekali kirim kita sekitar 6 sampai 7 ton dalam keadaan tembakau kering,” pangkas Sukadi.

Lebih jauh Sukadi mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Dinas Pertanian dan Bupati Malang.”Saya sendiri berterimakasih terhadap Dinas dan Bupati Malang atas pembinaan selama ini karena sangat berbeda dengan tahun sebelumnya dimana sekarang ini para PPL terjun langsung ke petani khususnya terkait tembakau baik itu perawatannya,” ungkap Sukadi.(Ahmad/Pri/Agus)