Warga Dukun Tunggu Ketegasan Pemerintah

371 dibaca

Selama masa pandemi Covid 19 tetap buka dan selalu ramai. Pemerintah Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Gresik sibuk menghambat penularan Covid 19. Tapi, Pasar Wage Kecamatan Dukun menjadi satu dari sekian fakta bahwa pusat kerumunan yang berpotensi menjadi media penularan Covid 19 tetap ada.

Seperti yang terjadi pada Minggu (12/7/2020) Pasar Wage yang terletak diantara tiga desa Kalirejo, Dukunanyar dan Sembuanyar Kec. Dukun Gresik menjadi pertemuan ribuan pedagang dan pembeli dari dua kabupaten, Gresik dan Lamongan.

Satu warga Desa Dukunanyar positif Covid 19 dan meninggal dunia. Juga warga lain desa pada kecamatan yang sama juga meninggal dunia. Tapi Pasar Wage tetap ramai. Sebagian besar pedagang dan pembeli sudah menggunakan masker. Tapi tidak sedikit yang melanggar protokol yang diatur pemerintah. Pelanggaran terbesar justru pada social distancing.

Masyarakat tidak peduli dan tidak ada penertiban. Sikap apatis lainnya, cuci tangan menggunakan sabun. Pelanggaran akut yang terus terjadi dilakukan pedagang adalah menggelar barang dagangan di badan jalan. Fasilitas umum untuk kelancaran jalan pengunjung pasar dengan leluasa dugunakan menggelar barang dagangan. Sehingga kondisi pasar berjubel dan semrawut. Tidak ada upaya pengaturan protokol social distancing. Atas kondisi tersebut warga desa hanya bisa membicarakan soal upaya serius pemerintah melindungi warga yang sehat supaya tidak tertular Covid 19. “Sebenarnya warga juga takut. Tapi tidak bisa berbuat apa-apa,” ujar warga setempat.

Pasar Warge Dukun, Gresik, buka mulai pagi sampai siang hari. Mulai jam 5.30 sudah ramai sampai jam 13.00. Bahkan setiap sore jam 16.00 sampai 20.00 juga rame.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ketika dikonfirmasi mengatakan, semua regulasi dan tindakan penanggulangan Covid 19 ada pada tingkat kabupaten dan kota.

Sementara Pemprov Jatim hanya menghimbau dan menganjurkan supaya melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid 19. “Saya koordinasi ulang temuan (kondisi Pasar Wage Dukun Gresik) seperti ini,” ujar Khofifah.(fail)