Jokowi Janji Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

172 dibaca

Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini mengumpulkan para menterinya untuk membahas kerja sama dengan Norwegia dalam hal kebijakan penurunan emisi gas rumah kaca instrumen nilai ekonomi karbon.

“Walaupun saat ini kita masih fokus dalam Pengendalian COVID-19. Namun ada beberapa agenda strategis nasional, yang tadi sudah saya sampaikan soal emisi gas rumah kaca termasuk di dalamnya kerjasama Indonesia Norwegia yang harus terus berlanjut,” ujar Jokowi saat membuka rapat, Senin (6/7/2020).

Dalam kerjasama ini Indonesia dan Norwegia bekerja sama dan berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. Kerja sama ini sudah dilakukan sejak 2010.

Indonesia, lanjut Jokowi, terus berkomitmen untuk menurunkan gas rumah kaca sebanyak 26% pada 2020 dan meningkat jadi 29% di tahun 2030.

“Selain kita memiliki target untuk emisi karbon yang harus diturunkan berdasarkan konvensi perubahan iklim yang telah kita ratifikasi, yaitu 29% pada 2030 dan 41% dengan dukungan kerjasama teknik dari luar negeri,” tambahnya.

Berdasarkan konvensi perubahan iklim, Indonesia sendiri memiliki kewajiban untuk menurunkan emisi karbon di sektor kehutanan 17,2%, sektor energi 11%, sektor limbah 0,32%, sektor pertanian 0,13%, serta sektor industri dan transportasi 0,11%.(dtk/alamsyah)