Takjil Buat Kuli Panggul Pelabuhan

288 dibaca

Aksi sosial lintas komunikasi di Gresik membagikan menu takjil kepada kuli panggul di Pelabuhan Umum Gresik, Jumat (8/5/2020).
Kegiatan tersebut juga untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).
Koordinator kegiatan aksi sosial lintas komunitas, Adianto Fajar, mengatakan, saat ini anyak masyarakat kesulitan ekonomi dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Dampaknya, dalam bidang ekonomi , mencari nafkah untuk kebutuhan harian bagi sebagian kalangan masyarakat sangat kesulitan.
“Bahkan dengan nekad, mereka keluar rumah turun ke jalan juga masih sulit dan berat. Seperti, pedagang keliling, tukang becak, buruh lepas dan kuli panggul di Pelabuhan Umum Gresik. Sehingga kita melakukan kegiatan berbagai makanan berbuka puasa,” kata Adianto.
Menurut Adianto, kegiatan aksi sosial lintas komunitas ini terdiri dari 7 komunitas di kota Gresik yaitu Pesantren Bisnis Indonesia (PBI), X Man, Tangan di Atas (TDA), Gading Emas (GE), Komunitas Pelopor Usaha Gresik (KPUG), Rumah Kita (RK), New Happy Family (NHF) dan donatur Dapur Umum Gresik.
Dari berbagai komunitas ini, Dapur Umum, bergerak di bidang sosial dengan lebih memperhatikan kebutuhan pokok masyarakat, yakni soal makanan.
“Kita memberikan berupa paket makan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan dikala pandemi Covid 19. Dapur Umum saat ini telah hadir di 12 titik tersebar di beberapa kota,” imbuhnya.
Sementara untuk TDA, menyumbangkan alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat kepada rumah sakit.
“Nanti tahap dua, Komunitas tangan di atas akan membagikan APD berupa baju hazmat ke rumah sakit. Kemarin sudah membagikan di RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik,” kata Ketua TDA Kabupaten Gresik, Fajrul Falakh (27).(falah)