BUMDes Harus Majukan Desa

156 dibaca

Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Budiari Setiadi, melakukan dialog dengan seluruh kepala desa se-kabupaten Malang di Pendopo. Acara tersebut dihadiri Bupati Malang, HM Sanusi, dan Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto (1/2/20).
Dalam dialog itu, Budiari Setiadi mengatakan bahwa BUMDes, (Badan Usaha Milik Desa) keberadaannya harus menjadi pusat perdagangan dan distribusi desa seluruh potensi bisa dikembangkan.
Lebih jauh ditegaskan, hal ini akan membantu masyarakat pedesaan dengan membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih baik, disamping juga untuk memasarkan produknya (unggulan desa itu sendiri).
Masyarakat desa itu, tegas Budiari Setiadi, produsen juga konsumen.”Keberadaan BUMDesa harus memberi efek juga daya bangkit pertumbuhan ekonomi ditiap desa,” pangkas Budiari Setiadi.
Dari sekitar 370 desa di Kabupaten Malang baru 60 persen yang memiliki BUMDesa. Oleh karena itu pendirian dan perkembangan BUMDesa harus di lakukan.
“Indonesia maju akan terwujud jika desanya maju, desa akan bergerak jika ekonomi juga bergerak, banyak kreasi produktif muncul dari desa. Baik di bidang pertanian, pariwisata dan lainnya,” tambah Budiari Setiadi. (Alamsyah/Pri)