Menyambut Perayaan Tahun Baru Imlek

129 dibaca

Pelaksanaan minggu kedua Sedekah Donor Darah pecahkan rekor MURI makin berwarna. Gerakan yang diselenggarakan DMI dan PMI Kota Surabaya di sejumlah Masjid se Surabaya tambah bergairah.
Ini terlihat saat berlangsung di Masjid Baitussalam, Jalan Ketintang Madya, Surabaya, Jumat, 24 Januari 2020. Besok, Minggu, 25 Januari 2020, digelar di Masjid Chengho dan Masjid Nurul Huda, Pakal Benowo.
Yang menarik, Sedekah Donor Darah si Masjid Chengho digelar bersamaan dengan peringatan Hari Raya Imlek. Masjid Chengho adalah masjid dengan arsitektur Tionghoa yang dibangun PITI Jawa Timur.
“Donor darah di Masjid Chengho kita barengkan dengan perayaan Hari Raya Imlek. Karena itu, akan dimeriahkan dengan pertunjukan Barongsai, Albanjari, dan Bazaar makanan,” kata Ustad Hasan Basri, Takmir Masjid Chengho.
Masjid Chengho adalah masjid dengan arsitektur China pertama di Jawa Timur. Karena itu, selain menjadi tempat ibadah, masjid ini sering menjadi jujugan wisatawan yang datang ke Surabaya. Juga sering menjadi tempat kegiatan keagamaan dengan bernuansa budaya Tionghoa.
Sementara itu, Gerakan Sedekah Donor Darah dk Masjid Baitussalam Ketintang Madya kemarin berlangsung lancar. Sebanyak 59 jamaah ikut mendonorkan darahnya. Di masjid ini, PMI berhasil mengumpulkan 34 kantong darah.
Yang juga menarik, meski target 33 masjid peserta donor darah telah terpenuhi, namun sejumlah masjid masih terus ingin ikut dalam gerakan inj. “Kami Masjid Assalam di Purimas Gunung Anyar juga siap ikut,” kata Azis, takmir masjid di dekan kampus UPN Surabaya itu.
Gerakan Sedekah Donor Darah di Masjid ini diadakan untuk memecahkan rekor MURI. Selain itu juga untuk menggerakkn kepedulian jamaah masjid untuk kegiatan kemanusiaan dengan membantu ketersediaan darah di PMI.
Kegiatan yang diprakarsai DMI dan PMI Kota Surabaya dan didukung ngopibareng.id ini merupakan kali pertama di Indonesia. Gerakan ini didukung penuh Ketua Umum DMI dan PMI Dr (HC) Jusuf Kalla yang juga mantan Wakil Presiden RI.
Menurut rencana, kegiatan ini akan ditutup dengan Malam Anugerah Masjid yang akan digelar di Surabaya, akhir Februari. Jusuf Kalla akan hadir pada acara yang sekaligus menjadi ajang penyerahan piagam rekor MURI dan pelantikan Pengurus PD DMI Surabaya.(jam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here