Batik, Identitas Sebuah Daerah

248 dibaca

Saat ini, dunia fashion Indonesia dibanjiri oleh batik. Sangat beragam, mulai dari model sampai dengan motif batik baru. Yang tercipta atas ide kreatif para seniman batik Indonesia. Daerah-daerah yang memang bukan merupakan kampung batik berlomba-lomba membuat ide kreatif mengenai pembuatan motif batik baru. Semua mencirikan wilayah setempat. Misalnya motif batik Jember, motif yang dibuat adalah daun tembakau. Hal tersebut mencirikan Jember sebagai salah satu sentra tembakau terbaik di Indonesia.

Kabupaten Jember begitu terkenal sebagai salah satu produsen tembakau terbesar di Indonesia, hingga tidak heran jika masyarakat setempat punya ide kreatif dengan mengabadikannya dalam selembar kain batik tulis. Batik itu disebut batik Jember. Daun tembakau yang memiliki julukan daun emas, digoreskan diatas sehelai kain katun menggunakan canting hingga membentuk pola yang beraturan mengacu pada konsep bebas-kontemporer. Tentunya untuk menghasilkan selembar kain batik tulis jember yang khas dan mengakar pada kultur atau budaya masyarakat Jember.

Jika diflash back ke beberapa tahun sebelumnya, sebenarnya kegiatan membatik di Jember sudah ada sejak jaman Belanda atau saat batik Van Zuylen ala batik pekalongan yang populer di Eropa. Sejarah tidak pernah mencatat kapan awal mula kegiatan membatik di kota Jember ini, tapi yang jelas mulai tahun 2010 produsen batik Rolla mengangkat kembali motif batik Jember yang pada akhirnya ditahbiskan menjadi batik Jember. Motif batik Jember buatan mereka tidak lagi mengikuti tata aturan motif batik seperti pada motif batik Solo, batik Jogja maupun batik Pekalongan. Namun lebih mengarah suatu motif yang bebas dan kontemporer.

Secara turun temurun motif batik daun tembakau mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar selalu menjadi komponen utama dalam membuat motif-motif batik kombinasi terbaru. Tujuannya adalah memenuhi selera pasar yang beragam.

Sebagaimana halnya batik-batik dari daerah lain di Indonesia, Jember juga memiliki corak dan ciri khas yang berbeda sekaligus unik dari batiknya. Ciri khas corak yang ditunjukkan oleh Batik Jember bukan hanya memperlihatkan keindahannya saja sebagai karya seni, melainkan juga menunjukkan nilai filosofis tertentu yang berkaitan dengan identitas budaya di Kabupaten Jember.

Beberapa pilihan corak batik yang sangat terkenal di Jember adalah batik bermotifkan daun tembakau. Seperti yang kita ketahui, Kabupaten Jember adalah salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal akan hasil tembakaunya yang berkualitas tinggi. Kualitas tembakau Jember bahkan sangat diminati di berbagai negara di dunia.

Kedekatan masyarakat Jember dengan tembakaunya yang khas begitu sangat melekat di kehidupan masyarakat sehari-hari. Hampir di setiap hajatan tertentu, seperti nikahan, tahlilan, syukuran dan sebagainya, tembakau senantiasa hadir sebagai salah satu jamuan kepada tamu. Oleh karena itulah, kedekatan masyarakat Jember terhadap tembakau memberikan semacam pengaruh terhadap batik khas Jember.

Produksi kain batik Jember  masih menggunakan cara tradisional, yakni dengan dilukis. Meskipun ada juga sebagian yang menerapkan sistem cetak (sablon), namun sisi orisinalitas dari batik tulis memberikan nilai yang sangat tinggi bagi batik Jember.

Masyarakat Jember juga kerap memproduksi kain batik dengan Motif Tanaman lainnya, seperti Ornamen Daun Kopi, Buah Naga, dan sebagainya. Sama halnya dengan tembakau, kopi dan buah naga juga termasuk hasil pertanian yang cukup terkenal di Jember. Ciri khas kekayaan alam inilah yang menjadi inspirasi lahirnya motif kain batik di Jember.

Sebagai bentuk untuk dapat melestarikan kebudayaan Batik Jember, Pemerintah Kabupaten setempat telah mewajibkan para siswa sekolah, pegawai negeri dan swasta untuk menggunakan pakaian Batik Jember di hari-hari tertentu. Selanjutnya juga dengan mengadakan pemilihan Duta Batik Jember setiap tahunnya. Hal ini tentu saja untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat atas identitas budayanya sekaligus memperkenalkan batik Jember kepada para wisatawan. *****

Artikel : Posmonews.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here