Direnovasi, Kapasitas Stadion Gelora Delta Sidoarjo Berkurang

141 dibaca

▪︎Ditargetkan Selesai Awal Oktober 2024

▪︎SIDOARJO – POSMONEWS.com,-
Proyek renovasi Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, terus berlanjut. Stadion kebanggaan warga Kota Delta itu diperbaiki sesuai dengan standar FIFA.

CEO Deltras Sidoarjo, Amir Burhannudin, mengatakan renovasi sudah sesuai dengan perencanaan. Bahkan terdapat pekerjaan yang lebih dari waktu yang dibutuhkan.

Sementara itu tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan peninjauan pembangunan revitalisasi Stadion Gelora Delta Sidoarjo (GDS). Hasilnya revitalisasi telah mencapai 57 persen.

Person in Charge (PIC) Kementerian PUPR Jawa Timur, Ismu Hartotok, mengatakan pihaknya menargetkan revitalisasi rampung pada bulan Oktober mendatang. Saat ini revitalisasi tinggal menyisakan beberapa bagian stadion.

“Rencananya selesai bulan Oktober, untuk tanggalnya belum bisa kami pastikan,” kata Ismu di sela-sela peninjauan di Stadion GDS.

Ismu menambahkan, revitalisasi yang dilakukan bertujuan agar stadion memenuhi standar FIFA. Namun demikian, revitalisasi juga akan menurunkan kapasitas stadion.

Sebab saat ini stadion menggunakan single seat dan tak lagi beton untuk penonton kelas ekonomi, sementara itu untuk kelas utama dan VIP menggunakan flip up.

“Awalnya total kapasitas mencapai 30 ribu setelah nanti selesai tinggal 19 ribu,” terang Ismu.

Sementara itu CEO Deltras, Amir Burhannudin, mengatakan revitalisasi sudah sesuai dengan perencanaan. Bahkan terdapat pekerjaan yang lebih dari waktu yang dibutuhkan.

“Sesuai dengan perencanaan, tadi berdasarkan penjelasan PUPR yang melaksanakan sudah sesuai dengan schedule jadi ada pekerjaan lebih dari waktu yang diperuntukkan, nanti akan selesai di awal Oktober,” kata Amir.

Menurutnya, perkembangan renovasi stadion berjalan sangat luar biasa. Karena keseluruhan sesuai dengan perencanaan bersama Kementerian PUPR.

“Fasilitas untuk official areanya kami rapikan, dari ujung hingga ke ujung, semua fungsional match manajemen terpenuhi semua, karena kemarin ruangan kurang, saat ini sudah lebih rapi dan tersedia semua,” terang Amir.

“Based roomnya ada empat, jadi untuk pertandingan sore dan malam bisa dilaksanakan di Stadion Gelora Delta,” imbuhnya.

Begitu juga pergantian rumput yang menggunakan rumput lokal terbaik. Nampak semua rumput lama telah diganti rumput baru. Beberapa pekerja terlihat menyiramnya.

Amir melanjutkan, saat peresmian stadion baru nanti, akan ada pertandingan internasional.

“Deltras FC sudah siap. Kemungkinan lawannya kalau tidak Thailand, Vietnam atau Malaysia. Kita tunggu jadwalnya karena waktunya di tengah-tengah kompetisi liga,” imbuh Amir.▪︎[FEND]