Pelepasan Siswa SMAN 1 Karangbinangun Lamongan 2024, Tembus Cakrawala Dunia

201 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
SMA Negeri 1 Karangbinangun, Kab. Lamongan, Jawa Timur (SMANKAR) menggelar acara Pelepasan Siswa-Siswi Kelas XII Angkatan ke-32, Tahun Pelajaran 2023/2024 pada hari Rabu, ( 22/5/ 2024) lalu di Auditorium SMA Negeri 1 Karangbinangun. Salah satu kegiatan yang merupakan agenda rutin sekolah, dilaksanakan setiap setahun sekali.

Selain sebagai ajang silaturahmi antar siswa dengan warga sekolah, acara ini juga sebagai prosesi melepas siswa Kelas XII yang telah menyelesaikan masa belajarnya selama tiga tahun di jenjang Sekolah Menengah Atas.

Acara Perpisahan, secara tatap muka langsung ini mengusung tema “*Tabur Gagasan, Petik Perubahan dan Raih Impian*”. Dihadiri unsur Forkopimca, Kacabdin Propinsi Jatim wilayah Lamongan, Pengawas Pembina, Kepala SMPN/ MTS, jajaran Komite dan wali siswa baik yang hadir maupun yang mewakili serta seluruh siswa kelas XII yang lulus.

Dari pantauan media ini menariknya di acara pelepasan Siswa ini, pada sesi sambutan Kepala Sekolah dan Kacabdin yang penuh makna dengan mengutip karya sastrawan kelas Dunia, juga penampilan kreasi siswa teater dan musik yang mengetuk dunia dengan menggelar solidaritas Gaza- Palestina dengan karya teatrikalnya.

Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, Drs.H.Ali Nurdin, M.Pd dalam sambutannya mengutip syair karya seorang penyair asal Mesir, Ahmad Syauqi Beik. “Bangsa yang besar ditentukan sebagaimana berdirinya dan tegaknya akhlak. Manakala akhlak runtuh, rusak, maka keberdayaan, peradaban, dan kekuatan sebuah negara akan runtuh pula,” sebutnya.

Tidak lupa, H.Ali Nurdin mengingatkan pada siswa yang lulus itu pada jasa bapak dan ibu guru, dengan mencuplik sebuah syair yang cukup mendalam yang dijadikan Lagu Jasa Guru dari Grub Legendaris Nasida Ria, Semarang.

“Kau jadi kyai itu jasa guru
kau jadi insinyur itu jasa guru
Jadi profesor itu jasa guru
jadi dokter itu jasa guru. Jadi profesor itu jasa guru, jadi dokter itu jasa guru, jadi sarjana itu jasanya guru.

Guru tak pernah harapkan balasan, guru tak pernah harapkan pujian, guru tak pernah harapkan balasan, guru tak pernah harapkan pujian. Hanyalah do’a yang dipanjatkan
mudah mudahan engkau maju,” tukasnya.

Sedangkan Kacabdin Propinsi Jatim di Wilayah Lamongan yang diwakili oleh Kasi SMK, menyampaikan pesan dari Kacabdin pada siswa yang lulus harus selalu ingat dan menjaga citra almamater yakni SMAN 1 Karangbinangun. Ia berharap, siswa yang lulus akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni bangku kuliah.

“Karena era ke depan adalah era digital dan persaingan global yang membutuhkan orang-orang berilmu, berkompetensi,” tegasnya.

Ibarat SMANKAR menembus cakrawala dunia, saat perform Ektra Teater dan Musik menyajikan Musikalisasi dan Dramatisasi yang mengusung Aksi Solidaritas Gaza-Palestina. Sontak seisi Auditorium SMANKAR terhenyak dan mengharubiru pada nasib saudara-saudara muslim di Gaza yang dirundung prahara atas kekejaman kaum zionis.

Sesi terakhir, acara pelepasan dan kelulusan Kelas XII angkatan ke-32 juga memberikan penghargaan kepada 2 siswa yang berprestasi yakni Lusiana Fiantika F. (siswi XII IPA 3), dan Dina Ayu Anggraeni (XII IPS 3), serta pengukuhan kelulusan berupa pengalungan gordon kepada siswa. Usai acara tampak orang tua bersua foto bersama anaknya di backdrop pelepasan siswa yang disediakan panitia. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar hingga berakhir pukul 11.00 WIB.
▪︎[DANAR SP]