Manfaatan Lahan Tidur, Dandim 0812 Terjun Langsung Siapkan Lahan Pertanian

61 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Tentara Nasional Indonesia merupakan alat Negara di bidang pertahanan. TNI dituntut dapat melaksanakan tugas tugasnya untuk menjaga keutuhan Wilayah, menjaga kedaulatan Negara dan melindungi segenap tumpah darah Bangsa Indonesia.

Namun, di era modern seperti sekarang, tugas TNI tidak hanya ‘sekedar’ itu saja. Namun, TNI dituntut untuk selalu berperan aktif membantu Pemerintah dalam mensukseskan program programnya. Tak terkecuali, program swasembada pangan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah.

Melalui sinergi yang kokoh dengan semua Stakeholder, TNI khususnya Kodim 0812/Lamongan terus berupaya untuk mewujudkan ketahanan pangan Nasional. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan lahan lahan tidur untuk diolah dan sisiapkan menjadi lahan pertanian yang produktif.

Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., menginstruksikan Jajarannya untuk senantiasa melaksanakan pendampingan dan membantu Petani di wilayah binaannya masing masing. Bahkan, Letkol Wira tidak segan untuk terjun langsung mengolah lahan pertanian di tanah milik Kodim 0812/Lamongam di Desa Jotosanur Kecamatan Tikung, Rabu (8/5/2024).

Dirinya dengan piawai mengoperasionalkan hand traktor dan berjibaku dengan lumpur. Bahkan, panasnya sengatan matahari tidak mengendorkan semangatnya. Di sela sela kesibukannya sebagai Komandan Kodim, Beliau memberikan contoh kepada Babinsa agar tidak canggung untuk bekerja dengan sepenuh hati.

“Kami akan selalu berupaya untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan program program Pemerintah,” ujarnya.

Dirinya juga mengemukakan bahwa ketersediaan bahan pangan merupakan syarat mutlak dimiliki oleh sebuah Negara. Apalagi Negara besar seperti Indonesia.

“Petani memiliki peran yang sangat luar biasa, yang memiliki pekerjaan di bidang pertanian, sebagai penyangga tatanan negara Indonesia.Ketersediaan pangan kita, tergantung kepada Petani Kita. Untuk itu, Kami menghimbau para jajaran Babinsa agar senantiasa membantu Petani dengan sepenuh hati,” pungkasnya.▪︎[DANAR SP]