Jembatan Lembayung jadi Benghubung Dua Kelurahan

108 dibaca

▪︎MALANG – POSMONEWS.com,-
Belum lama diresmikan pembangunan Jembatan terpanjang dimiliki Kabupaten Malang dan Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Jembatan terpanjang tersebut merupakan Jembatan Lembayung. Jembatan tersebut  menjadi penghubung antara Kelurahan Bumiayu dan Mergosono. Dengan harapannya agar Jembatan Lembayung bisa memberikan manfaat yang optimal sebagai akses warga dalam beraktivitas.

Dengan difungsikannya jembatan itu berdampak positif terutama bagi masyakarat sekitar dengan menurutnya, banyak warga yang menggunakan Jembatan Lembayung sebagai akses utama.

Diketahui Jembatan Lembayung  berlokasi di Kabupaten Kedungkandang, Kota Malang, Provinsi, Jawa Timur.

Dikutip dari situs resmi dari malangkota.go.id. bahwa Jembatan Lembayung sebagai akses utama dalam pergerakan aktivitasnya, termasuk untuk siswa-siswi sekolah.

“Jembatannya alhamdulillah sudah kita selesaikan. Saya bersyukur sudah selesai dan bisa dinikmati oleh masyarakat,” ujar Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM.

“Jembatan Lembayung ini memang sudah ditunggu-tunggu, karena untuk pergerakan aktivitas perekonomian masyarakat dari dua Kelurahan Mergosono dan Bumiayu,” katanya.

“Termasuk juga anak-anak yang betul betul menunggu jembatan ini sebagai akses aktivitas sekolah,” terang orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang.

Terlebih sebelum dilakukan perbaikan, saat itu setelah melihat langsung kondisi jembatan, Wahyu dengan perangkat daerah terkait mengambil keputusan.

Mengambil keputusan untuk menyiapkan bus atau kendaraan setiap pagi dan siang yang berguna untuk antar jemput sekolah sebagai solusi terbaik.

Seusai revitalisasi selesai, Wahyu berharap jembatan yang telah rampung tersebut bisa memberikan dampak positif baik bagi perekonomian masyarakat.

Memang jembatan ini didesain untuk roda dua, tidak untuk roda empat.

“Jadi pergerakan terkait roda empat dilarang. Karena ini prosesnya tidak mudah dan menggunakan uang rakyat dengan hasil kolaborasi Pemkot dengan DPRD, mari kita jaga dan rawat,” ujar pesan singkat Wahyu.

Khususnya sekitar Jalan Lembayung terkait pemanfaatan jembatan yang mempunyai lebar 4 m dengan panjang bentang 48 m tersebut.

Bahkan Wahyu juga mengajak warga untuk menggunakan jembatan ini dengan sebaik-baiknya agar tetap terawat, terjaga kebersihan. Tidak hanya kebersihan melindungi keamanan dan keindahan lingkungannya agar bisa dinikmat oleh generasi mendatang.

Sebelumnya, masyarakat setempat maupun pengguna jalan terutama pengendara motor harus mencari jalan alternatif karena Jembatan Lembayung diperbaiki sejak Oktober 2023.

Jalan alternatif dengan harus memutar melalui jalan lain seperti Jalan Junggul tembusan Gang 5 Mergosono, Jalan Terong, dan Jalan Kenikir yang tembus Gadang gang 9.▪︎[FEND/AHM]