Saksi Sejarah Tiga Matra TNI Membangun Desa Brengkok

63 dibaca

▪︎Tugu Prasasti TMMD-119 Kodim 0812

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Satuan Tugas (Satgas) TMMD mulai membangun tugu prasasti TMMD ke 119 Kodim 0812/ Lamongan.Tugu prasasti TMMD ini adalah saksi sejarah pernah dilaksanakannya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Brengkok Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan.

Prasasti yang terletak tepat di depan Gapura Desa Brengkok ini nantinya akan mencantumkan Satuan Satuan TNI yang tergabung dalam TMMD 119 Kodim 0812/Lamongan. Ada beberapa Satuan Gabungan dari tiga matra TNI yang tergabung.Yonif 521/DY, Yonif 500/Sikatan, Satuan Yonzipur 5/ABW, Menbanpur 2 Marinir TNI AL dan Kopasgat 463 Angkatan Udara.

Komandan Satgas TMMD 119 Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., menjelaskan bahwa prasasti (tugu) TMMD ke-119 ini adalah simbol kemanunggalan TNI bersama Rakyat. Bahwasannya pernah terjadi kerjasama yang luar biasa di Desa Brengkok.

“Kemanungglan TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD bersama seluruh masyarakat Desa Brengkok yang terjalin erat selama pelaksanaan TMMD ke 119, di wujudkan melalui prasasti TMMD yang sedang dibangun tepat di depan gapura desa ” ujarnya.

Dirinya menambahkan pada setiap pelaksanaan TMMD itu pasti ada pembuatan tugu yang merupakan saksi sejarah bahwa di daerah tersebut pernah dilaksanakan TMMD.

“Semoga Tugu TMMD ke-119 Kodim 0812 Lamongan di Desa Brengkok ini bisa segera selesai. Kami juga berarap agar warga mampu menjaga sebaik mungkin agar generasi yang akan datang bisa tahu bahwa di wilayah ini pernah dilaksanakan TMMD,” pungkas Dansatgas TMMD 119 yang juga merupakan Dandim 0812/ Lamongan.▪︎[DANAR SP]