Proyek Tol Kediri-Kertosono Dapat Kucuran Rp 3,9 Triliun

104 dibaca

▪︎Bakal Dilengkapi Junction Kedungsoko dan 2 Gerbang Tol

▪︎KEDIRI – POSMONEWS.COM,-
Proyek pembangunan Jalan Tol Kediri-Kertosono salah satu Mega proyek infrastruktur di wilayah Jawa Timur yang tengah digencarkan pengerjaannya. Saat ini, proyek jalan bebas hambatan itu diketahui masih dalam tahap pembebasan lahan.

Dalam pengerjaannya, tahap pembebasan lahan terdampak Jalan Tol Kediri-Kertosono ini memang terkesan mengalami banyak kendala hingga memakan waktu yang tak sebentar.

Diketahui, proyek tersebut  merupakan lanjutan dari jalan tol yang sudah ada sebelumnya, yakni proyek Jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Jalan tol itu dikelola PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), panjang jalan tol ini nantinya akan mencapai 20,30 kilometer.

Jalan Tol Kediri-Kertosono ini akan dibangun di dua wilayah di Jawa Timur, yakni Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri.
Dilansir dari tender-indonesia, Kamis (7/3), untuk membangun jalan tol ini, pemerintah menggelontorkan anggara total sebesar Rp 3,9 triliun.

Sedangkan dana Rp 1, 85 triliun diantaranya akan dialokasikan untuk pengadaan tanah. Sementara itu, sisanya untuk pembangunan fisik.

Dari total anggaran Rp 1,85 triliun untuk pembebasan tanah itu, sebanyak Rp 1,1 triliun dialokasikan untuk Kabupaten Nganjuk. Sementara itu, untuk Kabupaten Kediri Rp 740,58 miliar.

Di Kabupaten Nganjuk, terdapat 2.699 bidang tanah yang terdampak Jalan Tol Kediri-Kertosono. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan tanah yang diperlukan di Kabupaten Kediri yang hanya 484 bidang saja.

Sayangnya, tahap pembebasan tanah belum juga selesai hingga sekarang. Bahkan di Kabupaten Nganjuk, jumlah yang belum dibebaskan masih sangat banyak.
Kendati demikian, berbagai pihak terkait terus mengupayakan perampungan pembebasan tanah tol itu agar pembangunan fisik segera dimulai.

Hal ini perlu dilakukan, karena jalan tol ini merupakan salah satu infrastruktur yang ditujukan untuk menunjang operasional Bandara Internasional Dhoho Kediri.
Nantinya, jalan tol ini akan dilengkapi dengan satu Junction Kedungsoko, yang menghubungkan dengan Jalan Tol Ngawi-Kertosono.

Ada juga dua interchange yang terletak di Kabupaten Nganjuk yang tersambung dengan jalan akses Sugihwaras dan di Kabupaten Kediri yang tersambung dengan jalan akses Banyakan.

Selain itu, Jalan Tol Kertosono-Kediri juga direncanakan akan mempunyai dua Gerbang Tol (GT) baru yaitu GT Sugihwaras dan GT Kediri.▪︎[FEND]