Bupati Malang Menerima Penghargaan BAZNAS Award 2024

152 dibaca

▪︎JAKARTA – POSMONEWS.COM,-
Bupati Malang, Drs.H.M Sanusi MM, menerima penghargaan BAZNAS Award 2024 bertepatan dengan peringatan HUT ke-23 Baznas atau Badan Amil Zakat Nasional. Bupati Malang ditetapkan sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik. Penyerahan penghargaan dilakukan di Hotel Bidakara, Kamis (29/2/24).

Bupati Malang hadir didampingi Ketua Baznas Kabupaten Malang, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Malang. Penghargaan diserahkan langsung Ketua Baznas Republik Indonesia, Prof. Dr. KH Nor Achmad.

Kepedulian kepala daerah kepada pengelolaan zakat melalui BAZNAS sangat tinggi, hal itu Dibuktikan dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh bupati baik berupa Intruksi bupati maupun Surat Edaran Bupati terkait dengan pengumpulan dan pendistribuasian dana ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah) dan Kegiatan sosial berupa bantuan terhadap fakir miskin dan bedah rumah yang selalu melibatkan BAZNAS.

Tentunya, penghargaan ini merupakan kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Malang, Bupati Malang berharap semoga bisa menjadi motivasi untuk terus peduli serta memberikan dukungan agar pengumpulan zakat terus meningkat, kedepannya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan Baznas Republik Indonesia, Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Malang dapat terus terbangun dengan baik.

Selain itu, Bupati Malang juga mengapresiasi capaian kinerja Baznas Kabupaten Malang yang telah bekerja keras dalam mensejahterakan masyarakat dan ikut membantu Pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Malang.

Dalam hal ini, pengelolaan zakat melalui BAZNAS juga mendapat apresiasi dan dianggap bagus. Beberapa bentuk kegiatan Pendistribusian Zakat dan Infak yang sudah dilakukan antara lain melalui Kegiatan Sambang Dusun Terpencil Bersama Bupati Malang dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang dengan menyalurkan bantuan sembako dan Bedah Rumah dariBAZNAS Kabupaten Malang kepada dhuafa dan fakir miskin; Penyaluran bantuan sembako BAZNAS Kabupaten Malang dalam kegiatan Sholat Subuh Berjama’ah Keliling (SULING) Bupati Malang bersama FORKOPIMDA dan OPD Kabupaten Malang setiap Hari Jumat.

Selain itu,  Penyaluran bantuan sembako BAZNAS Kabupaten Malang juga dilaksanakan dalam Kegiatan keagamaan Bupati Malang, Penyaluran bantuan sembako dan bantuan perbaikan rumah bagi korban bencana.

Sebagaimana data dari BAZNAS Kabupaten Malang tercatat jumlah penyaluran bantuan bedah rumah di Tahun 2023 sebanyak 419 unit, Program SKSS (Satu Keluarga Satu Sarjana) di Tahun 2023 sebanyak 67 anak tersebar di 4 (empat) Perguruan Tinggi di Wilayah Kabupaten Malang, penyaluran bantuan alat kerja berupa rombong bakso, rombong cilok, dan perahu di Tahun 2023 sebanyak 118 unit dan penyaluran bantuan kepada korban tragedi Kanjuruhan.▪︎[AHM/dhe]
#prokopim