KemenPUPR Suntik Rp 220 Miliar Proyek Stadion Gelora Daha Jayati

99 dibaca

▪︎KEDIRI – POSMONEWS.COM,-
Proyek pembangunan infrastruktur Kabupaten Kediri tengah digencarkan. Terbaru proyek prestisius Stadion Gelora Daha Jayati tahap I rampung digarap akhir tahun lalu. Pembangunan stadion Gelora Daha Jayati diperkirakan menelan anggaran Rp 150 miliar.

Meski pembangunan tahap I sudah selesai, semangat Pemkab Kediri untuk pembangunan infrastruktur nampaknya amat tinggi. Sehingga pembangunan Stadion Gelora Daha Jayati akan dilanjutkan tahap ke II.

Menurut informasi bahwa anggaran yang bakal digelontorkan berasal dari pemerintah pusat, sehingga pemerintah daerah lebih menghemat anggaran. Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

Salah satu proyek prestisius dalam tiga tahun Pemerintahan Bupati Hanindhito Himawan Pramana adalah Stadion Gelora Daha Jayati. Pembangunan tahap I stadion yang menelan anggaran sekitar Rp 150 miliar selesai akhir tahun lalu. Tahun ini, pemkab berencana melanjutkan pembangunan tahap II.

“Dengan diambil alih pemerintah pusat ini, daerah bisa menghemat ratusan miliar,” ujar Mas Dhito, sapaan akrabnya.

Meminta Kementerian PUPR untuk membiayai proyek daerah memang bukan hal yang mudah. Namun, melihat urgensi stadion bagi pengembangan wilayah barat sungai, akhirnya pemerintah pusat bersedia membiayai pembangunan lanjutan stadion tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 150-220 miliar.

“Sekarang tinggal menyiapkan administrasi kelengkapan (untuk pembiayaan lanjutan dari pusat, Red). Misalnya, administrasi pisah batas audit sampai review BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan),” lanjut Mas Dhito.

Berbeda dengan stadion lain, Stadion Gelora Daha Jayati memang tidak hanya ditunjukkan untuk olahraga. Sesuai konsepnya yang mengusung sport, business, and entertainment (SBE), stadion akan menjadi pusat perekonomian baru.

Beberapa aktivitas bakal meramaikan gedung megah itu nantinya seperti penyelenggaraan pameran, konser, dan kegiatan berskala besar lainnya. Lokasinya yang berada di kawasan bandara juga memungkinkan event-event skala nasional digelar di sana.

Stadion juga akan mengakomodasi para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Yakni, dengan disiapkannya stan-stan UMKM yang menjual produk unggulan Kabupaten Kediri.

“Stadion juga tidak hanya digunakan untuk sepakbola, tapi akan dilengkapi sarana olahraga lainnya. Misalnya basket, dan olahraga lainnya,” papar Mas Dhito.▪︎[FEND]