Kerja Senyap Tim Pamkes Pemilu 2024 Polres Trenggalek

144 dibaca

▪︎TRENGGALEK-POSMONEWS.COM,-
Tahapan Pemungutan dan penghitungan suara di TPS Pemilu 2024 telah usai. Namun siapa sangka, Kepolisian tidak hanya mengerahkan personelnya untuk pengamanan semata, tetapi juga menerjunkan tim kesehatan.

Ya, tim kesehatan yang dimotori oleh Sidokkes Polres Trenggalek ini bisa dikatakan bekerja dalam senyap dan tidak begitu terlihat atau diperhatikan oleh masyarakat awam.

Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. mengungkapkan, tim Pengamanan Kesehatan (Pamkes) Pemilu 2024 ini sengaja diterjunkan untuk memantau kondisi kesehatan anggota yang ditugaskan sebagai pengamanan TPS saat tahap pemungutan dan penghitungan suara.

Bukan itu saja, Pamkes ini juga memberikan pendampingan kesehatan bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun masyarakat yang kebetulan hadir di TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Total ada 475 personel yang kita kerahkan dalam pengamanan tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, 321 diantaranya adalah pengamanan di TPS. Mereka bekerja secara matraton selama 3 hari berturut-turut sehingga perlu diperhatikan juga kesehatannya agar bisa bekerja dengan baik,” ujar AKBP Gathut.

Selain petugas medis dari Klinik Pratama Bhayangkara yang terjun langsung kelapangan, pihaknya juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Tulungagung yang memberikan layanan kesehatan eletronik melalui program telemedicine kesehatan.

“Anggota bisa mendapatkan layanan konsultasi elektronik dan layanan pemantauan dan panduan kesehatan,” Imbuhnya.

Sementara itu Kasidokkes Polres Trenggalek  Aiptu Lukman Hadi, Amd.Kep. menuturkan, untuk mendukung Pamkes Pemilu 2024 ini, pihaknya melibatkan sedikitnya 10 orang tenaga medis dari Klinik Pratama Bhayangkara.

“Kita prioritas wilayah dengan jumlah pemilih terbanyak dan lokasi TPS yang berada di pegunungan dan perbukitan serta jauh dari akses kesehatan. Dalam prosesnya kita juga berkolaborasi dengan Puskesmas setempat,” paparnya.

Beberapa layanan kesehatan yang diberikan oleh Pamkes Pemilu 2024 ini diantaranya pemeriksaan tensi, pemberian vitamin dan obat sesuai dengan keluhan. Jika dirasa perlu penanganan lebih lanjut, diberikan rujukan ke Faskes terdekat.

“Kita bekerja penuh mulai tanggal 13 sampai 15 Februari 2024 kemarin. Berkeliling ke TPS-TPS di Kabupaten Trenggalek. Jauh hari sebelumnya juga kita lakukan skrining kesehatan bagi patugas pengamanan TPS. Alhamdulillah semua sehat,” pungkasnya.
▪︎[Cha/AHM]
#humas polrestrenggalek
#humas poldajatim