Responsif Anggota Koramil Turi Bantu Tangani Tanggul Jebol Sungai Plalangan

60 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Peristiwa jebolnya tanggul Kali Plalangan di 2 titik di kawasan Dusun Ploso Lebak, Desa Tambak Ploso Kec. Turi mengakibatkan banjir di puluhan hektar area tambak dan sebagian pemukiman.

Sikap tanggap bencana dan reaksi cepat itulah, membuat  puluhan Anggota Kodim 0812/Lamongan dan Babinsa Koramil 0812/03 Turi bersama Dinas PU, Kepolisian, Perangkat Desa serta masyarakat melaksanakan kegiatan kerja bakti perbaikan tanggul Kali Plalangan yang jebol di Dusun Plosolebak Desa Tambakploso Kec. Turi Kab. Lamongan, Rabu (07/02/2024) kemarin.

Turut hadir dalam kegiatan perbaikan tersebut antara lain Bpk. Bakti Aprianto, S.H., M.M. selaku Camat Turi, Iptu Kusnandar, S.H selaku Kapolsek Turi, Pelda Kasminto selaku Pgs. Danramil 0812/03 Turi,Bpk. Hidayat  selaku Petugas Operasi dan Pemeliharaan/OP 4 BBWS Bengawan Solo,Bpk. Saihu  selaku Kabid Ops PU SDA Kab. Lamongan, Bpk. Ahmad Jaelani selaku Kades Tambakploso beserta perangkat Desa, 30 orang Anggota Kodim 0812/Lamongan dan Koramil 0812/03 Turi,3 orang anggota Polsek Turi, Anggota BBWS Bojonegoro,Anggota PU SDA Kab. Lamongan serta Masyarakat Dusun Plosolebak Desa Tambakploso.

Pgs Danramil 0812/03 Turi Pelda Kasminto menuturkan kegiatan kerja bakti perbaikan tanggul Kali Plalangan di Dusun Plosolebak tersebut dilakukan karena tanggul sungai rusak akibat diterjang banjir pasca hujan dengan intensitas yang tinggi.

Karena lerusakan tanggul di Dusun tersebut meluas sehingga berdampak banjir yang meluar Anggota Kodim 0812/Lamongan bersama dinas terkait dan masyarakat gerak cepat memperbaiki agar tanggul sungai segera normal kembali. Ini demi mengantisipasi hujan lebat dan juga banjir yang bisa terjadi setiap saat.

“Dalam hal ini satu unit alat berat juga diturunkan untuk melakukan pemadatan tanah pada tanggul dan penancapan tiang-tiang bambu serta pengurukan.
“dementara itu, Personel gabungan mengangkut bambu dan gedek guling ke lokasi pengerjaan alat berat” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan bahwa 1 (satu) titik tanggul jebol lainnya di sebelah utara di Dusun Plosolebak Desa Tambakploso, sudah dilaksanakan pengerjaan, kemudian dilakukan pemadatan dan penimbunan di tanggul yang telah di bendung saat ini sehingga air yang menggenangi jalan Dusun Plosolebak Desa Tambakploso wilayah selatan sudah mulai surut.

“Kami bersama-sama masyarakat saling bergotong-royong dalam pembenahan tanggul yang jebol dengan dibantu satu alat berat dari Dinas PU untuk menutup di bagian tanggul yang jebol tersebut. Kami berharap tanggul akan makin kokoh dan kuat menahan air. Selain itu,dengan adanya kegiatan kerja bakti ini maka akan semakin mempererat hubungan antara TNI dan Rakyat,” pungkasnya.▪︎[DANAR SP]