Rusun Anggota Polri di Blora Mampu Tampung 176 Orang

163 dibaca

▪︎BLORA – POSMONEWS.COM,-
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menyediakan hunian layak bagi para petugas Hankam dengan membangun rumah susun (Rusun) bagi para anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Rusun Polri ini dibangun satu tower dengan 44 unit hunian dengan mekanisme Kontrak Tahun Jamak (Multi Years Contract) Tahun 2023 – 2024 yang mampu menampung sebanyak 176 orang. Rusun ini dilengkapi dengan furnitur, termasuk Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU).

“Rusun ini merupakan wujud sinergitas dalam hal upaya penyelenggaraan hunian yang layak dan terjangkau untuk anggota Polri/TNI,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, dalam keterangan tertulisnya.

Iwan menjelaskan, Direktorat Jenderal Perumahan berharap Rusun Polri di Kabupaten Blora ini dapat menjadi hunian layak, bermanfaat dan berkelanjutan bagi para pegawai anggota Polri yang bertugas di Kepolisian Resor Blora.

Pembangunan Rusun Polri Blora ini juga merupakan salah satu wujud dukungan Kementerian PUPR dalam mewujudkan fasilitas hunian yang layak, sarana pembinaan keluarga serta menunjang pelaksanaan tugas para anggota Polri.

Kementerian PUPR berharap ketika pembangunan rusun selesai dan dihuni, maka Polri dapat mengalokasikan anggaran operasional, pemeliharaan, dan perawatan rusun ini agar hunian ini terpelihara dengan baik secara berkelanjutan.

“Rusun ini dibangun dengan menggunakan dana APBN sehingga harapannya aset yang akan dibangun ini bisa dijaga keberadaan dan kondisinya agar selalu laik fungsi,” kata Iwan.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, sejak 2010 lalu telah
dibangun  sebanyak 26 tower Rusun di Provinsi Jawa Tengah yang diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Polri.

Lokasi pembangunan Rusun Polri tersebut rencananya berada di depan Pasar Sido Makmur di Kabupaten Blora dan dibangun dengan mekanisme Kontrak Tahun Jamak (Multi Years Contract) Tahun 2023 – 2024.

Adapun spesifikasi bangunan terdiri dari tiga lantai dengan 44 unit hunian dengan kapasitas 176 orang serta dilengkapi dengan 44 set meubelair, serta termasuk Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) berupa perkerasan atau paving blok, lampu taman dan drainase.

Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Agus Andrianto, berterimakasih kepada Kementerian PUPR yang akan memulai pembangunan rusun untuk anggota Polri.

Pembangunan Rusun dinilai sangat membantu dan akan meningkatkan kinerja anggota Polri di lapangan.

“Polri akan siap mengawal semua proses pembangunan yang dikerjakan Kementerian PUPR. Kami juga akan meminta para anggota Polri untuk menjaga dan merawat rusun, PSU dan meubelairnya dengan sebaik-baiknya,” ungkap dia.▪︎[FEND]