SMA WH2 Taman: Peringati Hari Gizi – Harlah NU

129 dibaca

▪︎ Gelar Sarapan Sehat Bersama dan Tari Zafin

▪︎SIDOARJO – POSMONEWS.COM,-Hari Gizi Nasional selalu diperingati pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Tidak ketinggalan, ekstrakulikuler PMR SMA Wachid Hasyim 2 Taman (PRISMADUTA) dengan ekstrakulikuler lain bekerjasama mengadakan acara makan sehat bersama angkatan 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat (26/01/2024) di lapangan SMA Wachid Hasyim 2 Taman itu bersamaan dengan final tari Zapin yang begitu meriah. Makanan yang dibawa sangat kreatif sekali, mulai dari bentuk seperti bento hingga rice bowl.

Dalam sambutannya, Waka Kesiswaan, Muhammad Hajir, mengatakan bahwa makanan bergizi tidak identik dengan mahal atau mewah. makanan yang memiliki jumlah kandungan karbohidrat, protein, lemak dan vitamin yang cukup untuk tubuh.

Sebelum puncak peringatan hari gizi, anggota ekstra PRISMADUTA melakukan sosialisasi ke kelas-kelas. Tidak hanya tentang makanan bergizi, tetapi juga menghitung indeks masa tubuh (IMT) siswa.

“Memang acara sarapan sehat bersama ini tidak diikuti semua kelas karena keterbatasan lapangan. Kami hanya melibatkan kelas X yang berjumlah 488, sementara untuk kakak kelasnya ada kegiatan menghitung indeks masa tubuh (IMT). Ini kita perlukan karena bulan depan akan ada kegiatan donor darah,” Amalia, Ketua esktra PRISMADUTA.

Sementara itu, tujuan dilaksanakannya sarapan sehat bergizi tak hanya memperingati hari Gizi Nasional saja, tetapi memberi kesadaran bagi seluruh peserta didikm, pentingnya memiliki gizi yang seimbang.

“Saya harap kegiatan ini dapat memberi dampak positif bagi teman-teman lainnya,” ujarnya.

Meski pelaksanaannya di tempat yang terbuka dan hawa panas yang tidak terkendala, para peserta tetap tenang dan mengikuti acara hingga akhir pertunjukan.

“Seru sih makan bareng seangkatan, apalagi sama liat pertunjukan final tari zapin,” ujar Wafiq, salah seorang peserta didik.

▪︎Final Tari Zafin

Serunya lagi, setelah Sarapan Sehat Bersama, peserta didik juga disuguhi pagelaran yang sangat menarik, yaitu final lomba tari zafin. Lomba tari zafin sendiri diadakan dalam rangka menyambut hari lahir ke 101 Nahdlatul Ulama.

Sementara itu Humas SMA Wachid Hasyim 2 Taman, Ummi Nahdliyah, mengatakan bahwa ada berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati Harlah NU. Ada istighotsah kubro, lomba poster, video, tari zafin, bahkan lomba memancing dengan peserta yang wajib memakai sarung.

“Dari berbagai lomba yang kami adakan, lomba tari zafin dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Sarapan Sehat. Lomba ini diikuti oleh perwakilan 36 kelas dan diambil lima terbaik yang ditampilkan bersamaan peringatan hari gizi,” jelasnya.

Harapannya dengan berbagai lomba dan even yang diadakan, peserta didik selalu mengingat hari lahir NU dan juga meneladani para ulama, khususnya pendiri NU.**
▪︎(Meisya Rahman, Jurnalis weha2)