KemenPUPR Melakukan Lelang Proyek Jalan Tol

226 dibaca

▪︎JAKARTA – POSMONEWS.COM,-
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sedang melakukan pelelangan pengusahaan jalan tol untuk sejumlah proyek.

Dikutip dari laman resmi BPJT, tercatat ada empat proyek jalan tol yang dalam proses lelang. Keempat proyek itu yakni Jalan Tol Sentul Selatan – Karawang Barat, Jalan Tol Bogor – Serpong via Parung, Jalan Tol Kediri – Tulungagung, dan Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Ciamis.

Berikut perkembangan pelelangan pengusahaan jalan tol pada empat proyek jalan tol tersebut:

1. Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat Jalan Tol Sentul Selatan – Karawang Barat rencananya membentang sepanjang 61,5 kilometer dengan nilai Rp 15,37 triliun.

Di mana menetapkan PT Persada Utama Infra, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Hutama Karya Infrastruktur sebagai perusahaan/konsorsium yang lulus dalam evaluasi dokumen prakualifikasi perusahaan/konsorsium.

Selanjutnya, Panitia akan mengundang perusahaan/konsorsium yang lulus prakualifikasi untuk mengikuti Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat.

2. Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung direncanakan memiliki panjang 31,12 kilometer dengan nilai Rp 8,95 triliun. Pada 18 Juli 2022, BPJT telah mengumumkan Penetapan Hasil Prakualifikasi Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung.

Di mana menetapkan PT Persada Utama Infra, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Hutama Karya Infrastruktur sebagai perusahaan/konsorsium yang lulus dalam evaluasi dokumen prakualifikasi perusahaan/konsorsium.

Selanjutnya, Panitia akan mengundang perusahaan/konsorsium yang lulus prakualifikasi untuk mengikuti Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Sentul Selatan – Karawang Barat.

3. Jalan Tol Kediri-Tulungagung Jalan Tol Kediri-Tulungagung rencannya memiliki panjang 44,51 kilometer dengan nilai Rp 10,25 triliun. Pada 6 November 2023, BPJT telah mengumumkan Penetapan Hasil Negoisasi Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Kediri-Tulungagung.

Hasilnya, PT Gudang Garam Tbk ditetapkan sebagai calon pemenang Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Kediri-Tulungagung.

4. Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Ciamis Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Ciamis direncanakan membentang sepanjang 108,30 kilometer dengan perkiraan nilai investasi Rp 37,14 triliun.

Pada 19 Oktober 2023, BPJT mengumumkan Prakualifikasi Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Ciamis.

Mengundang seluruh badan usaha, baik tunggal maupun konsorsium untuk mendaftar dalam Prakualifikasi Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Ciamis.▪︎[FEND]