Bupati Malang Hadiri Pengukuhan Pengurus MKKS SMPN Periode 2024-2026

297 dibaca

▪︎MALANG – POSMONEWS.COM,-
Bupati Malang, HM Sanusi, hadiri pengukuhan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri Kabupaten Malang periode 2024-2026.

Guna menguatkan peran MKKS sebagai wadah yang mampu memfasilitasi anggotanya guna meningkatkan kompetensi managerial, kewirausahaan, supervisor, kepribadian dan kompetensi sosial. Kegiatan berlangsung di SMP Negeri 1 Kepanjen, Selasa (16/1/2024).

Sebelum melakukan pengukuhan Bupati Malang HM Sanusi juga meresmikan perpustakaan SMPN 1 Kepanjen dengan menandatangani prasasti dan pengguntingan pita di halaman sekolah. Dalam peresmian gedung perpustakaan Bupati H.M. Sanusi diiringi dengan tarian juga pengalungan batik yang di produksi oleh SMPN 1 Kepanjen.

Dalam sambutannya di pengukuhan MKKS Negeri mengatakan semoga kepengurusan baru ini dapat semakin menguatkan peran MKKS sebagai wadah yang mampu memfasilitasi anggotanya guna meningkatkan kompetensi sebagai kepala sekolah, baik kompetensi inovasi, managerial, kewirausahaan, supervisi, kepribadian, maupun kompetensi sosial, dalam era digital.

“Sebagai agen pembelajaran para kepala sekolah dituntut untuk mempunyai kompetensi yang mumpuni, dan ada lima jenis kompetensi tersebut yakni kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, inovasi, kepribadian dan sosial,” imbuhnya.

Bupati mengatakan, seorang kepala sekolah memiliki peran sebagai leader, manager, dan supervisor, sehingga dituntut untuk dapat menggerakkan dan menjalankan sistem pembelajaran di sekolah yang dipimpinnya dengan baik.

“Kegiatan ini adalah suatu pencerahan buat kepala sekolah agar mampu meningkatkan profesionalismenya sebagai agen pembelajaran digital, online untuk mewujudkan insan yang beriman, cerdas dan kompetitif terintegrasi secara global,” paparnya.

Para pengurus MKKS Kabupaten Malang, H.M. Sanusi yakin dalam implementasinya hal ini bukanlah tugas yang mudah, mengingat sekolah harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti ketersediaan sumber daya, penyesuaian kurikulum, serta kesiapan guru untuk dapat mengadopsi teknologi dan pendekatan pembelajaran baru dan inovasi sekolah, yang melibatkan orang tua dan masyarakat dalam mewujudkan ketrampilan siswa. Membantu lingkungan pendidikan yang kondusif bagi siswa.

“Sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan ini, saya mengajak Bapak/Ibu Pengurus MKKS SMP Negeri Kabupaten Malang untuk senantiasa menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Malang,” tegas Bupati.

Selain itu, Bupati juga berharap agar MKKS SMP Negeri Kabupaten Malang dapat benar-benar menjadi wadah bertukar pikiran dan pengalaman bagi anggotanya dalam rangka pengembangan diri para kepala sekolah SMP Negeri se- Kabupaten Malang.

“Sebab apabila kinerja dan kompetensi kepala sekolah meningkat, hal ini akan bermuara pada meningkatnya mutu pendidikan di sekolah yang dipimpinnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMP Negeri Kabupaten Malang periode 2024-2026, Suntoro, mengatakan selaku pengurus MKKS yang baru akan berusaha bagaimana siswa dan guru-guru akan terlayani dengan bagus sehingga ada peningkatan kualitas pendidikan.

“Saya dengan teman-teman akan melayani siswa untuk peningkatan mutu, baik siswa, guru maupun kelapa sekolah,” ujarnya.

Menurut dia, MKKS tupoksinya adalah membantu Dinas Pendidikan untuk melancarkan program-programnya. Ia berharap semua siswa, guru dan kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas, terutama kualitas dalam tupoksinya.

“Dan saat ini kualitas pendidikan di Kabupaten Malang sudah bagus, karena dengan kurikulum merdeka mereka mempunyai keunggulan sendiri-sendiri,” tuturnya.

Turut hadir di acara pengukuhan ini para pejabat di lingkungan Pemkab Malang, Camat dan Forkopimcam Kepanjen, Ketua dan Pengurus MKKS SMP Negeri se-Kabupaten Malang.▪︎(AHM/Cha)