Peduli Petani, Babinsa Ngimbang Bantu Normalisasi Saluran Irigasi

78 dibaca

▪︎LAMONGAN–POSMONEWS.COM,-
Upaya TNI AD dalam membantu masyarakat di bidang pertanian terus dilakukan, mulai dari pendampingan cara pengolahan lahan, tanam, pengobatan, hingga membantu pemupukan sampai masa panen.

Bahkan distribusi pupuk dan proses penjualan hasil panen juga tetap dikawal oleh para prajurit TNI AD utamanya Bintara pembinaan Desa (Babinsa) yang selalu berada di tengah tengah kesulitan rakyat.

Lebih dari itu, para prajurit TNI ini juga membantu urusan normalisasi saluran irigasi, mulai dari membangun, membersihkan dan memperlancar pengairan sawah.

Sebagaimana yang dilakukan anggota koramil 0812/06 Ngimbang yang di pelopori Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial jajaran Kodim 0812 Lamongan.

Kebersamaan TNI dan masyarakat dalam normalisasi saluran irigasi, dilaksanakan dalam program Karya Bakti (Karbak) TNI dalam pembuatan saluran irigasi di Desa Ngimbang Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu (13/12/2023).

Kegiatan yang dilakukan secara gotong royong bersama Masyarakat dan Perangkat Desa tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pengairan saluran irigasi menuju sawah.

Menurut PJ Danramil 0812/06 Ngimbang Pelda Suyanto saat berada di lokasi menyampaikan kegiatan seperti itu sudah merupakan kegiatan rutin Babinsa dan anggota Koramil dalam rangka membantu masyarakat, utamanya untuk percepatan pembangunan irigasi.

“Saluran irigasi yang dinormalisasi di wilayah Desa Ngimbang Kecamatan Ngimbang sepanjang 300 meter itu dikerjakan agar saat musim penghujan, air dapat mengaliri sawah dengan lancar dan diharapan hasil produksi panen meningkat sehingga mampu mendongkrak ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga, masih lanjut Pj Danramil 0812/06 Ngimbang adalah sebagai upaya Koramil 0812/06 Ngimbang untuk mendukung program Pemerintah Pusat dalam hal Kedaulatan dan Ketahanan Pangan Nasional. ▪︎[DANAR SP]