Sempat Vakum, Liga Pelajar Piala Bupati Digelar Lagi

410 dibaca

▪︎MALANG-POSMONEWS.COM,-
Penggiat olahraga sepak bola di bumi Arema, Malang, Jawa Timur, kembali menggelar liga pelajar Piala Bupati setelah vakum akibat pandemi COVID-19.

Kejuaraan sepak bola antar pelajar SMP sederajat se-Kabupaten Malang ini dalam rangka pembinaan dan mencari bibit atlet sepak bola usia 12-15 tahun.

“Alhamdulillah akhirnya liga pelajar kembali bisa menggelar piala bupati setelah vakum karena pandemi,” ujar Ketua Panitia Bupati Cup yang juga ketua Askab PSSI kab malamg, Agus Sa’dullah Rabu (29/11/2023) di Kanjuruhan.

Pertandingan sepak bola antar-pelajar di Stadion Kahuripan Turen final Juata 1 (MTsN Turen) Juara 2 (SMP 6 Singosari) Juara 3 (SMP 1 Lawang) dan Juara 4 SMPN4 Kepanjen memperebutkan juara 1,2,3 dan 4. Pada kejuaraan ini mereka semua membawa trophy dan sertifikat juga uang pembinaan, sedangkan untuk juara pertama adanjuga seekor kambing sebagai hadiah, Kamis (30/11/2023).

Pertandingan antarpelajar menengah pertama ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi atlet sepak bola untuk semakin mengasah kemampuannya.Agus Sa’dullah, Ketua Askab PSSI menjelaskan bahwa turnamen digelar tiap tahun, dan kali ini setelah dua tahun vakum karena pandemi.

Diharapkan, kata dia, melalui pertandingan antarpelajar akan lahir bibit-bibit atlet sepak bola yang mampu mengukur prestasi di berbagai kejuaraan.

“Mereka memang kami persiapkan untuk mengikuti berbagai kejuaraan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional,” tuturnya.

Pertandingan sepak bola pelajar Bupati Cup diikuti oleh 84 tim yang terdiri dari SMP/MTs yang mewakili dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

Liga pelajar ini mulai bertanding sejak beberapa hari yang lalu, yang di buka oleh Bupati Malang bersama Ketua MPR Ahmad Basarah dan finalnya Kamis 30/11/ 2023 di Turen.

Pertandingan sepak bola antar-pelajar tingkat SMP dan MTs di Stadion Kahuripan Turen.Ketua PSSI Agus Sa’dullah Bupati Cup, mengharapkan kejuaraan sepak bola ini mampu mendorong para pelajar untuk terjun ke arena sepak bola, sehingga mereka nantinya lebih siap saat mengikuti berbagai kejuaraan.

“Tim sepak bola ini kami proyeksikan untuk menjadi atlet sepak bola yang punya kemampuan yang bagus dan ketika ada even, sudah siap,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Malang, H Rosidin mengaku mendukung kejuaraan tersebut. “Tentunya KONI mendukung segala bentuk agenda seperti yang dilakukan oleh pegiat olahraga sepak bola di bumi Arema Malang,” tuturnya.

Hadir dalam acara penutupan piala bupati kejuaraan liga pelajar 2023 kepala dinas pendidikan kabupaten Malang ( mewakili bupati Malang ) menyampaikan dalam sambutanya, kabupaten malang memberikan support dan dukungan untuk lahirnya bibit-bibit muda yang kedepan ikut meramaikan pada kancah persepakbolaan nasional diantaranya melalui ajang seperti saat ini, yaitu turnamen sepak bola pelajar Piala Bupati Malang.

Kedepan diharapkan kegiatan semacam ini akan bisa terus berlanjut dan diadakan sehingga kabupaten malang juga maju dalam bidang olahraga terutama persepakbolaan dalam pencarian bibit baru.▪︎(AHM/Ely)