Program Senin Berkibar Dandim 0812, Kuatkan Pendidikan Berkarakter

151 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Generasi Masa Depan Indonesia atau Generasi Emas 2045 adalah fondasi utama untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat, maju, jaya, dan bermartabat.

Mereka yang memiliki karakter dan integritas yang baik sebagi bangsa Indonesia dan berkompeten di bidang, mereka yang mudah beradaptasi dengan perubahan-perubahan serta mampu menggunakan kemajuan teknologi digital.

Dengan memberikan Penguatan Pendidikan Karakter pada dunia pendidikan diharapkan bisa terjadi peningkatan atau perubahan mutu pendidikan di Indonesia khususnya pada generasi masa depan Indonesia.

Dengan Gerakan penguatan pendidikan karakter diharapkan menjadi fondasi dan ruh utama pendidikan, pendidikan karakter diharapkan mampu membangun manusia yang cakap dalam akhlak, cerdas dalam berpikir dan terampil.

Ungkapan yang merupakan pedoman dari m Jendral Sudirman, bagwa Pendidikan Berkarakter bagi Generasi Bangsa jadi landasan pondasi sikap dan disiplin bagi generasi penerus bangsa.

Hal ini terus digalakan Komandan Kodim 0812/ Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., dalam program senin berkibarnya untuk dijadikan pondasi dan memberikan pesan pendidikan berkarakter yang penting untuk dalam sikap dan tindakan bagi siswa-siswi generasi penerus bangsa di era Modernisasi yang serba cepat dan kompleks ini. Senin (06/11/2023).

Menurutnya, pendidikan karakter yang baik seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, rasa empati, dan kerja sama menjadi pondasi yang diperlukan dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan. Semua itu ada dalam program beliau yang mencakup dalam program “Senin Berkibar”.

Program ini merupakan gagasan Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., yang bertujuan untuk memberikan semangat belajar kepada generasi muda.

“Program Senin Berkibar melibatkan siswa siswi dalam pembentukan karakter yang baik dan disiplin, serta wawasan kebangsaan dan kecintaan Negara yang tinggi,” kata Dandim 0812/ Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., saat menjadi pembina upacara dalam Senin Berkibar di SMA Negri 1 Sukodadi, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan.

Menurutnya, pendidikan karakter juga membantu siswa-siswi mengembangkan kemampuan untuk menghadapi tantangan dan kesulitan dengan tegar. Melalui pembelajaran nilai-nilai wawasan kebangsaan tersebut, Siswa Siswi dapat mengenali dan mengelola emosi dengan bijaksana, serta memiliki inisiatif dan keberanian dalam mengambil keputusan yang benar.

“Saya sebagai Dandim 0812/ Lamongan menyadari betapa pentingnya pendidikan karakter bagi siswa-siswi di era saat ini. Pendidikan karakter menjadi landasan yang kuat untuk membentuk generasi muda yang memiliki nilai-nilai moral, etika, dan kepribadian yang kokoh,” terangnya.

Selain itu, sambung Dandim 0812, pendidikan karakter juga berkontribusi pada pembentukan sikap positif terhadap lingkungan dan kehidupan sosial. Siswa-siswi dapat memahami pentingnya menjaga lingkungan, menghormati perbedaan, dan mengembangkan rasa persaudaraan.

Sebagai Dandim 0812 Lamongan, ia mendorong para guru dan stakeholder dalam pendidikan untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap pendidikan karakter. Dalam kolaborasi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat, akan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung siswa-siswi dalam memperoleh nilai dan etika yang berkualitas.

“Mari kita bekerja bersama untuk mewujudkan pendidikan yang baik dan bertanggung jawab di era moderen seperti saat ini,” tutupnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMA Negri 1 Sukodadi, Fadli S.Pd, M.Pd., mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang besar kepada Dandim 0812/Lamongan atas motivasi dan pembekalan yang diberikan kepada para guru dan siswa-siswi SMA Negri 1 Sukodadi.

“Dengan adanya program Senin Berkibar dan motivasi yang diberikan oleh Dandim 0812/Lamongan, kami berharap akan semakin memotivasi siswa siswi kami untuk meraih prestasi dan menjunjung tinggi wawasan kebangsaan serta nilai-nilai Pancasila,” ungkapnya.

Selain Senin berkibar yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0812/Lamongan di Wilayah Kecamatan Sukodadi dalam program senin berkibar juga dilaksanakan angota jajaran di beberapa tempat di Kabupaten Lamongan, antara lain di Kecamatan Ngimbang, Kecamatan Modo, Kecamatan Paciran.

Dalam hal ini Dandim 0812/Lamongan senantiasa memerintahkan Koramil jajaran untuk melaksanakan kegiatan ini guna menumbuhkan jiwa Nasionalisme dan cinta tanah air kepada generasi muda penerus Bangsa Indonesia.

Karna hakikatnya didikan yang baik untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa harus di awali sejak dini,” tambah Dandim 0812 Lamongan.▪︎[DANAR SP]