Sinergi Humanis Babinsa Koramil Turi dalam Pendampingan ODGJ

112 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Babinsa Koramil 0812/03 Turi, Serda Gunawan dan Bhabinkamtibmas bersinergi dan bekerja sama dalam menjaga keamanan dan keselamatan warga masyarakat di Desa Geger, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan yang mengalami gangguan jiwa, Jumat (15/09/2023).

Dalam upaya pengamanan, mereka turut memberikan pendampingan dan bantuan kepada warga yang membutuhkan, demi terwujudnya kehidupan yang aman dan sejahtera bagi seluruh masyarakat.

Babinsa Koramil 0812/03 Turi, Serda Gunawan, dan Bhabinkamtibmas juga bekerja sama dengan pemerintah Desa dan juga Linmas.

Dalam setiap tindakan yang diambil, upaya pengamanan serta pendekatan yang tepat dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesejahteraan warga yang sedang mengalami gangguan jiwa atas nama Sdr. Sarianto alamat Dsn. Geger RT. 05 RW. 03, Desa Geger, Kec. Turi Kab. Lamongan.

Serda Gunawan, sebagai Babinsa Koramil 0812/03 Turi, secara aktif terlibat dalam memonitor kondisi warganya. Ia selalu berusaha mendekati warga yang berpotensi mengalami gangguan jiwa, memberikan pendampingan, mendengarkan keluh kesah mereka, serta memberikan bantuan yang diperlukan.

Setelah berhasil mengamankan orang dengan gangguan jiwa, kemudian segera dibawa ke balai desa Geger untuk dilakukan pengecekan kesehatan dan dilanjutkan dengan menevakuasinya ke Rumah Sakit Karangkembang, Babat dengan menggunakan mobil sehat.

Dalam kesempatan tersebut, Serda Gunawan mengatakan bahwa penanganan orang dengan gangguan jiwa harus dilakukan dengan humanis dan kekeluargaan guna mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

“Kami bersama Bhabinkamtibmas, Bapak Kades serta anggota Linmas Desa Geger berusaha memberikan pendampingan dan juga pengamanan. Ini semua demi terciptanya keamanan dan kenyamanan baik untuk orang dengan gangguan jiwa maupun warga sekitar,” ujarnya.

Atas kesigapan dalam gerak cepat Babinsa, Bhabinkamtibmas dan juga warga Desa dalam memberikan respon terhadap laporan masyarakat mengenai orang yang mengalami gangguan jiwa, akhirnya berhasil mengevakuasinya ke Rumah Sakit untuk dilakukan perawatan intensif.

Pendekatan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0812/03 Turi, Serda Gunawan dan Bhabinkamtibmas serta perangkat Desa sangat diapresiasi oleh warga masyarakat Desa Geger. Pemberian pendampingan dan bantuan yang dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas turut memberikan rasa aman dan sejahtera bagi warga yang membutuhkan.▪︎[DANAR SP]