Rangkaian HUT Kota Negara ke-128 Dikemas HUT 78 RI

553 dibaca

▪︎BALI-POSMONEWS.COM,-
Bertempat di Jalan Sudirman, tepatnya di depan Kantor Pengadilan Negeri Negara, Ketua Pengadilan Negeri Negara, Ibu Ni Kadek Kusuma Wardani, S.H., M.H. menghadiri Acara Pawai Seni Budaya sebagaimana tulisan sebelumnya dimana pesta tersebut digelar selama 1 Bulan.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Negara ke 128 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023.

Berbagai tokoh penting hadir dalam acara tersebut, termasuk Gubernur Bali yang diwakili oleh Wakil Gubernur Prof Dr Ir Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati M.Si, Bupati Jember, Bapak Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU, Bupati Jembrana Bapak I Nengah Tamba dan Wakil IGN Patriana Krisna serta Forkopimda Kabupaten Jembrana dan tamu undangan lainnya.

Pawai Budaya ini diikuti oleh 2000 seniman dimana mereka mempersembahkan beragam tarian, musik, dan atraksi yang menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi setempat. Berbagai tema seperti paskibraka, seni tari, dan penampilan musik memeriahkan pawai dengan beragam pesan kearifan lokal.

Pawai Budaya menyambut HUT Kota Negara ke-128 dibuka secara resmi Wakil Gubernur Bali Prof. Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardana Sukawati, MSi. Sabtu (19/8/2023)

Barisan pawai dilepas oleh Wagub Bali bersama Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Pawai budaya kali ini melibatkan 2000 seniman. Mereka mementaskan gerak tari, tetabuhan dan berbagai atraksi seni lainnya. Aksi ribuan seniman tersebut sukses menghibur ribuan penonton yang memadati jalan Sudirman Negara.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan
tema pawai budaya diselaraskan dengan tema HUT Kota Negara tahun ini yakni “Segara Kerthi” yang memiliki makna samudra sebagai sumber Kehidupan dan kebahagiaan.

Tema pawai budaya tersebut juga selaras dengan visi/misi kepemimpinan
Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna, yakni mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan Tri Hita Karana.

Bupati I Nengah Tamba berharap, melalui pementasan kesenian dan pawai yang ditampilkan, mampu menyuguhkan keragaman dan kekayaan budaya dimiliki Jembrana.

Pawai budaya diisi dengan pementasan Jegog, Kendang mebarung, Bungbung Gebyog serta kesenian masyarakat di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Jembrana Bali ikut ambil bagian dalam pawai budaya kali ini.

“Kita senantiasa fasilitasi berbagai kegiatan masyarakat dalam penguatan budaya,” terang Bupati I Nengah Tamba.

Termasuk penyediaan fasilitas seperti sirkuit all in one, menurut Bupati Tamba dapat dimanfaatkan masyarakat untuk gelaran budaya dan atraksi wisata.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjok Arta Ardana Sukawati menyambut baik pawai budaya serangkaian HUT Kota Negara ke-128 kali ini.

Tampak ikut memeriahkan HUT tersebut yang di tampilkan kesenian dari luar provinsi Bali kesenian Halmahera, Banyuwangi, Kediri Banten dan Jember. (Putu/Sam/Rud)