Gubernur Jabar Resmikan Terminal Type B Ciledug

486 dibaca

▪︎JABAR-POSMONEWS.COM,-
Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil, meresmikan Terminal Type B Ciledug di Kabupaten Cirebon yang menghabiskan anggaran Rp 48 mebih miliar, Rabu (19/7/2023).

Terminal Ciledug yang terletak di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah itu akan diintegrasikan dengan berbagai layanan publik dan UMKM.

Saya resmikan Terminal Tipe B di Ciledug Kabupaten Cirebon, dengan anggaran Rp 48 miliar. Tempatnya bagus saya desain sendiri, supaya kualitasnya sangat baik,” ujarnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, Terminal Ciledug ini tidak sekadar sebagai terminal bus, namun juga diintegrasikan dengan berbagai layanan publik/MPP dan UMKM Jawa Barat.

“Ini multifungsi, bukan hanya kendaraan, tetapi kegiatan kepublikan semua ada di sini. Di lantai atas, selain UMKM juga ada pelayanan perizinan, pembuatan KTP, pemeriksaan kesehatan, pembayaran pajak kendaraan, pegadaian bisa dilakukan, termasuk usaha masyarakat lain termasuk UMKM”. Kami ingin perjalanan terminal ke depan dan Nanti kita lihat perjalanan terminal Ciledug apa yang harus di siapkan oleh pemerintah kabupaten Cirebon siap untuk melakukan pembenahan yang lebih baik kedepannya,” kata Ridwan Kamil.

Lebih jauh Gubernur mengatakan bahwa terminal yang sekarang tidak kayak dulu yang kumuh dan banyak premanisme,” bebernya

Sementara itu, Kadishub Provinsi Jawa Barat Koswara, memaparkan sebanyak 5 trayek angkutan baik dalam provinsi maupun antar provinsi sudah bisa digunakan di terminal tipe B Ciledug.

“Dan, salah satu trayeknya menuju Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati khususnya di wilayah timur Cirebon,” ujar Koswara.

Kadishub Jabar juga menyampaikan, walaupun jauh dari keramaian, namun keberadaan Terminal tipe B Ciledug menjadi sebuah magnet untuk pengembangan sebuah wilayah yang lebih efektif dan efisien.

”Untuk saat ini sudah tersedia lima trayek, baik dalam kota dan luar kota dalam provinsi maupun luar provinsi,” katanya.

Sementara itu, fasilitas di Terminal Ciledug akan terkoneksi dengan bandara internasional Jawa Barat Kertajati dengan layanan antar jemput yang memudahkan akses masyarakat di Wilayah timur yang ingin menuju bandara.

”Sekarang baru ada dua bus yang tersedia di terminal tipe B Ciledug, yakni prima jasa dan sahabat, yang lainnya masih dalam proses,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg kepada mengatakan pihaknya meminta selain Terminal Ciledug juga ada Terminal Losari dan Sumber yang juga membutuhkan pembangunan.

“Saya sudah ajukan kepada Pak Gubernur untuk Terminal Losari dan Sumber juga. Itu sama membutuhkan pembangunan dan penataan,” ujarnya.(Al/Sam/Lis)