Pengawasan dan Pembinaan Hakim Tinggi Pengawas Daerah

383 dibaca

▪︎BONDOWOSO–POSMONEWS.COM,-
Ketua Pengadilan Agama Bondowoso, Drs. H. Mahdi, S.H., M.H., membuka rapat mengenai ekspos hasil Pengawasan dan Pembinaan Hakim Tinggi Pengawas Daerah dari Pengadilan Tinggi Agama Surabaya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, yang dimulai pada tanggal 13 hingga 14 Juni 2023 dilaksanakan bertempat di Pengadilan Agama Bondowoso.

Tim Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Surabaya tersebut terdiri dari tiga orang anggota, yaitu, Drs. H. Hasan Basri, S.H., M.H. selaku Hakim Tinggi Pengawas Daerah, Dra. Hj. Suffana Qomah selaku Panitera Muda Hukum PTA Surabaya, dan Yolanda Aufa Wiraga Ayu, S.Sosio. selaku Analis Kepegawaian PTA Surabaya.

“Terima kasih kepada tim HATIWASDA yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Pengadilan Agama Bondowoso, meskipun kami telah mencoba semaksimal mungkin untuk menjalankan kegiatan perkantoran sesuai dengan Peraturan, tapi tidak menutup kemungkinan masih adanya ketidaksesuaian dengan Peraturan sehingga dengan adanya pengawasan dan pembinaan HATIWASDA ini dapat kami jadikan sebagai kritikan yang konstruktif,” ucap Drs. H. Mahdi, S.H., M.H. dalam pembukaannya.

Kemudian, beliau mempersilahkan Drs. H. Hasan Basri, S.H., M.H. untuk menyampaikan hasil temuan yang telah dilaksanakan selama dua hari tersebut.

Drs. H. Hasan Basri, S.H., M.H. menyampaikan apresiasinya kepada setiap aparatur Pengadilan Agama Bondowoso atas usahanya karena telah menjaga kebersihan lingkungan kantor sebaik mungkin serta beliau juga mengatakan bahwa selama tahun 2023 tidak terdapat pengaduan atas Pengadilan Agama Bondowoso.

Selain itu, adanya kerjasama bersama Dinas Penduduk dan Catatan Sipil Kabupaten Bondowoso dengan menghadirkan petugas DUKCAPIL di Pelayanan Pengadilan Agama Bondowoso, agar para pihak dapat lebih mudah untuk mengurus perihal pembaharuan status pada KK juga menjadi perhatian bagi Tim HATIWASDA PTA Surabaya, karena hal tersebut jarang dilakukan oleh Pengadilan Agama lain.

Analis Kepegawaian PTA Surabaya, Yolanda Aufa Wiraga Ayu, S.Sosio memaparkan hasil temuan pada bidang administrasi umum, antara lain pada sub bagian Perencanaan, Teknologi, Informasi.▪︎(Mas/Tri)