Kemen PUPR segera Lelang 23 Proyek IKN Senilai 2,69 Triliun

287 dibaca

▪︎JAKARTA – POSMONEWS.COM,-
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), akan melelang sebanyak 23 paket pekerjaan konstruksi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Diproyeksikan, lelang senilai Rp 2,69 triliun ini akan dilakukan pada minggu ke-2 atau ke-3 bulan Juni 2023 ini.

“Masih ada sisa 23 paket kegiatan IKN yang belum lelang dan mudah-mudahan ini juga bisa kami lelangkan pada minggu ke-2 atau ke-3 di bulan Juni ini,” kata Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI.

Diana menjelaskan, 23 paket ini di antaranya pembangunan Prasarana Pemerintahan II Ibu Kota Negara, bangunan untuk masjid negara, jaringan air limbah, hingga Kantor Kementerian PUPR.

Adapun sisa 23 paket ini termasuk ke dalam bagian total 38 paket pembangunan IKN Tahun Anggaran 2023 lewat Dirjen Cipta Karya, dengan nilai kontrak sebesar Rp 5,33 triliun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 paket sudah tayang lelang dan 9 paket sudah mulai beralih ke tahap konstruksi.

“Konstruksi ini antara lain land development di 1B, kemudian land development di 1C dan pembangunan jaringan pipa transmisi air minum untuk SPAM Sepaku paket 1,” terangnya.

Lebih lanjut, Diana turut menyampaikan progres pembangunan IKN. Beberapa di antaranya yakni Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Tahap I yang telah rampung 100% dan Tahap II-nya yang progresnya sudah mencapai 52,15%.

Selanjutnya, Gedung Kantor Presiden pada Kawasan Istana Negara Kepresidenan di IKN yang progresnya sudah mencapai 13,97%, lalu pembangunan Gedung Istana Negara serta Lapangan Upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan di IKN sebesar 12,83%.

Lalu ada juga pembangunan Gedung dan Kawasan Blok Kantor Kementerian Sekretariat Negara yang progres fisiknya telah mencapai 10%, kemudian IPAL 1,2,3 KIPP IKN yang progresnya mencapai 2,30% dan jaringan perpipaan transmisi air minum SPAM Sepaku sebesar 5,27%.▪︎[FEND]