Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional, Kodim 0812 Gelar Panen Raya

155 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan National, Kodim 0812/Lamongan melakukan panen raya padi bersama kelompok tani Desa Jotosanur Kecamatan Tikung kabupaten Lamongan yang bertempat di sekitaran Lapangan tembak Jotosanur dalam pemanfaatan lahan kosong, Senin (12/6/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pasi Ter Kodim 0812 Lamongan Kapten Chb Agung Ariyanto, anggota TNI jajaran Kodim 0812 Lamongan serta kelopok tani Mitra tani Desa Jotosanur, Kec. Tikung, Kab. Lamongan.

Dandim 0812/Lamongan, Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf, melalui Pasi Ter Kodim 0812 Lamongan, Kapten Chb Agung Ariyanto, saat di lokasi panen raya padi menyampaikan, kegiatan panen raya ini merupakan wujud nyata TNI untuk memberikan keyakinan bagi masyarakat Kabupaten Lamongan bahwa kita siap memenuhi kebutuhan pangan nasional,” ujar dalam pesannya.

Beliau juga menyampaiakan, ketahanan pangan merupakan program kerja Kodim 0812/Lamongan untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan sebagai pilar perekonomian bangsa dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di wilayah.

“Tujuan panen raya ini untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat serta meningkatkan perekonomian agar ketersediaan logistik di wilayah sesuai dengan kearifan lokal,” tegas Pasi Ter Kodim 0812 Lamongan.

Tak hanya itu bentuk dukungan nyata TNI dalam rangka mendukung pemerintah melalui hal ketahanan pangan, mulai dari tingkat pusat hingga wilayah. Kodim 0812 lamongan juga Menanam tanaman cepat panen.

Ini merupakan salah satu solusi untuk menyukseskan ketahanan pangan di daerah dengan harapkan agar warga dapat memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah untuk ditanami tanaman,” ujarnya.

selain membantu pemerintah juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan tidur milik TNI untuk membantu kesejahteraan petani.

“Selain pemanfaatan lahan tidur dengan tanaman pangan seperti padi dan jagung juga akan memanfaatkan lahan tidur milik TNI dengan tanaman pisang, sayuran yang semuanya untuk kesejahteraan petani,” terangnya.▪︎[DANAR SP]